Efektivitas Literasi Buku Cerita Bergambar Berbasis Budaya Lokal Terhadap Kemampuan Membaca Siswa

Luluk Listyawati, Dian Nur Antika Eky Hastuti

Abstract


Kunci keberhasilan seorang pendidik dalam proses kegiatan pembelajaran ialah kemampuan membaca.  Sebagian besar pemerolehan ilmu dilakukan siswa melalui aktivitas membaca. Ilmu yang diperoleh siswa tidak hanya didapat dari proses belajar mengajar di sekolah, tetapi juga melalui kegiatan membaca yang dialami siswa dalam kehidupan sehari hari. Oleh karena itu, kemampuan membaca menjadi prasyarat penting bagi penguasaan dan peningkatan pengetahuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas literasi buku cerita bergambar berbasis budaya lokal terhadap kemampuan membaca siswa di SDN 3 Sambongrejo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif menggunakan pretest dan posttest digunakan untuk menjabarkan populasi dalam penelitian ini subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas III DDN 3 Sambongrejo. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan,  maka disimpulkah bahwa terdapat pengaruh kegiatan literasi membaca berbantuan buku cerita bergambar berbasis budaya lokal terhadap kemampuan membaca siswa kelas III di SDN 3 Sambongrejo

Keywords


Literasi, Buku Cerita Bergambar Berbasis Budaya Lokal, Kemampuan Membaca

Full Text:

PDF

References


Ali, M., & Asrial. (2022). Peningkatan kemampuan membaca peserta didik kelas II SDN 136/I Semangkat melalui buku cerita bergambar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar, 1(1), 1–10.

Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796

Damayantie, A. R. (2015). Literasi Dari Era Ke Era. Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–10. http://103.98.176.9/index.php/sasindo/article/view/2076/1652

Delva, F., Wardhana, D. E. C., & Basuki, R. (2021). Kemampuan Membaca Cepat Berdasarkan Jenis Kelamin Siswa Kelas VIII SMP Negeri 03 Lebong Tahun Ajaran 2020/2021. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(1), 143–158. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1.1281

Fatimah, W., Dewi, N., & Amaliyah, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Melalui Program Generasi. 7, 1028–1034.

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. 6(4), 3(2), 524–532.

Infrastructure, D. C. (2008). Page 131. Network, 2(2), 131–152.

Kurnia, R., Ummah, R., & Puspitasari, E. (2023). Pengaruh Buku Cerita Rakyat Melayu Riau terhadap Kemampuan Literasi Budaya Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3253–3265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4441

Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436

Penelitian, A. (2022). Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 1| P a g e Peningkatan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II SDN 136/I Semangkat Melalui Buku Cerita Bergambar. In Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar (Vol. 1). https://online-journal.unja.ac.id/jtpd/about

Sapri, S., Muhaini, A., & Zunidar, Z. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Media Buku Cerita Bergambar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4107–4116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2495

Superman, S., Purmintasari, Y. D., & Agustina, R. (2020). Penguatan Literasi Di Sekolah. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 230. https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i2.1505

Suprianto, T., & Munir, S. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI MA AL-IKHLASH PANGANTEN ( Studi Korelasional Pada Siswa Kelas XI MA Al-Ikhlash Panganten Kab Tasikmalaya). Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 212–216. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i2.6544

Wildová, R. (2014). Initial Reading Literacy Development in Current Primary School Practice. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 159, 334–339. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.383


Refbacks

  • There are currently no refbacks.