Pengaruh Children Learning in Science Berbantuan Media Flipbook Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Luluk Indah Cahyani, Vivi Rulviana, Sri Lestari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran CLIS berbantuan media flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasy eksperimen). Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN 01 Nambangan Kidul. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 32 siswa yang terdiri dari kelas A sejumlah 16 siswa (kelas eksperimen), dan kelas B sejumlah 16 siswa (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik sampling jenuh. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes (pretest dan posttest). Instrument yang digunakan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis dengan independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model CLIS berbantuan media flipbook. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai signifikansi 0,003 ˂ 0,05 sehingga artinya terdapat pengaruh modelapembelajaran CLIS berbantuan mediazflipbook terhadap4kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar

Keywords


CLIS, Flipbook, Kemampuan Berpikir Kritis.

Full Text:

PDF

References


Agnafia, D.Z. 2019. "Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi." Jurnal Pendidikan IPA 1(1): 45–53.

Anjarsari, N., Kurniawati, R.P., & Pratiwi., C.P. 2022. "Pengaruh Model PBL Berbantuan Flip Book Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar." Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 3: 45–51.

Awalia, P.F., Susriyati, M., & Vita, R.M. 2021. "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP/MTS." Jurnal MIPA dan Pembelajarannya 1(2): 157–62. https://doi.org/10.17977/um067v1i2p157-162

Devi, P.S, & Bayu, G.W. 2020. "Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual." Mimbar PGSD Undiksha 8(2): 238–52.

Haka, N.B., Desta, S.R., Hardiyansyah, M., & Nur, H. 2023. "Penggunaan Multimedia Interaktif Dengan Model Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dan Minat Belajar Kelas XI." Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA 9(2): 167–85.

Landina, I.A.P.L., & Agustiana, I.G.A.P. 2022. "Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Melalui Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Kasus Pada Muatan IPA Kelas V SD." Mimbar Ilmu 27(3): 443–52. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.52555

Nafiah., Ghufron, S., Hartatik, S., Mariati, P., Djazilan, S. & Sudarto. 2023. "Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Flipbook Dengan Aplikasi Canva Dengan Bagi Guru Sekolah Dasar di Magetan." Indonesia Berdaya 5(1): 101–12. https://doi.org/10.47679/ib.2024647

Ningrum, V.O, & Roektiningroem, E. 2018. "Pengaruh Pembelajaran Ipa Berbasis Children Learning In Science ( CLIS ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa." E-Journal Pendidikan IPA 7(6): 311–17.

Nurhayati. 2017. "Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa." Jurnal Mathematic Paedagogic 2(1): 61–68. https://doi.org/10.36294/jmp.v2i1.123

Nurlaeli. 2022. "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SD." Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 2(1): 23–30. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i1.253

Ramdani, A., A Wahab, J., Jamaluddin., & Setiadi, D. 2020. "Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik." Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 6(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

Renjani, M.K.D., Susilawati., & Khoiri, N. 2018. "Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) Berbantuan LKS Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke." penelitian Pembelajaran Fisika 9: 21–27.

Sholikhah, F.N., & Farihah, U. 2022. "Pengaruh model pembelajaran children learning in science (CLIS) terhadap kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Pada Sub Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI MIPA Di SMAN 3 Jember Pada Tahun Pelajaran 2021/2022." ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi 1(1): 31-41.

Wahyuni, E.T., Mayasari, T., & Kurniadi, E. "Penerapan Inkuiri Terbimbing Dan Penggunaan Media Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa." KIBAR 437–45.

Yusup, H.W., & Widodo, A. 2020. "The Children Learning In Science ( CLIS ) Model On Critical Thinking Skills." International Conference On Elementary Education 524–30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.