Pengaruh Model Inquiri Terbimbing berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPAS

Liza Cahya Putri, Nur Samsiyah, Lingga Nico Pradana

Abstract


Hasil belajar ialah hasil utama yang harus diraih siswa untuk menentukan kemampuan yang diperolehnya setelah menyelesaikan proses pembelajaran. Melalui model Inquiri Terbimbing menyajikan pengajaran yang mengupayakan siswa turut serta pada proses pembelajaran, dimulai dengan pembentukan kelompok, menemukan pengetahuannya sendiri, dan memperoleh penemuan yang akan membuat siswa paham terkait materi yang diajarkan serta dapat ditunjang dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini dilaksanakan guna mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran Inquiri Terbimbing berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design dan jenis penelitian single pretest-posttest. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa dengan menggunakan sampel siswa kelas IV SDN Ngegong. Teknik yang dipakai dalam penyusunan sampel ialah sampling jenuh, yang menghasilkan jumlah sampel yang relatif kecil yaitu sekitar 30 siswa. Salah satu alat guna mengukur kesalahan peneliti adalah tes. Pretest digunakan sebelum pembelajaran dimulai dan menggunakan model Inkuiri Terbimbing untuk mendukung materi audiovisual. Posttest digunakan setelah pembelajaran dengan model Inkuiri Terbimbing berbasis media audiovisual. Hasil penelitian menggambarkan dimana model Inquiri Terbimbing berbantuan media audio terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa

Keywords


hasil belajar, inquiri terbimbing, audio visual

Full Text:

PDF

References


Ahyar, J., & Edyansyah, T. (2021). Implementation of learning models by high school teachers in the time of covid-19 with the school of students in the City of Lhokseumawe. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(5), 359. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i5.5977

Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, T., Alfina, N., Sitepu, S., & Ardiyanti, R. (2022). MODEL PEMBELAJARAN DI ABAD KE 21 (Vol. 16).

Alim, N., Linda, W., Gunawan, F., & Saad, M. S. M. (2019). The effectiveness of Google classroom as an instructional media: A case of state islamic institute of Kendari, Indonesia. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(2), 240–246. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7227

Aulia, Nurlina, & Amal, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Inpres Malengkeri Bertingkat 1. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(2), 211–228. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i2.1046

Dharmayanti, D. P. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Semester I Sdn 3 Sudaji. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 152–161. https://doi.org/10.5281/zenodo.6575115

Ekayogi, I. W. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Google Workspace for Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 433–452. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.495

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia.

Huki, F. P., Bano, V. O., & Ndjoeroemana, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Lewa Tidahu. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(10), 7857–7868.

Kartika, M. P. (2018). Kemampuan Menentukan Ide Pokok Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Onoma Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 1(2), 58–72.

Khoerunnisa, P., Syifa, &, & Aqwal, M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1).

Maknun, L., & Haryanti, L. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Inquiry Based Learning Di Sekolah Dasar.

Muhtarom, A. (2017). Pergeseran Pemikiran Kalam Tradisional ke Kontemporer (Kajian Metodologi Kalam Klasik ke Kalam Sosial). Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 17(1), 01. https://doi.org/10.24042/ajsk.v17i1.1892

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS, Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tayeb, T. (2017). Analisis Dan Manfaat Model Pembelajaran Analysis And Benefits Of Learning Models. 4(2), 2407–2451. https://doi.org/10.24252/auladuna.v4i2a5.2017

Wiyoko, T., & Astuti, N. (2020). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 5(1), 68–76.

Yofamella, D., & Taufik, T. (2020). Penerapan Model Inquiry Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Sekolah Dasar (Studi Literatur) (Vol. 8, Issue 8).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.