Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar IPAS di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan media diorama terhadap pencapaian belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif yang dilakukan terhadap populasi siswa kelas IV di MIN di Kec. Karangrejo, Kab. Magetan, Provinsi Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan masing-masing 20 siswa menjadi kelompok kontrol dan 20 siswa menjadi kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan Thitung sebesar (4,9604) > Ttabel (2,0244). Oleh karena itu, H0 ditolak sedangkan Ha diterima, mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media diorama terhadap pencapaian belajar IPAS siswa SD.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, H., & Putri, L. I. (2020). Penggunaan Media Diorama: Solusi Pembelajaran Matematika Materi Skala Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Jenjang Dasar. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 143. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3402
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwardi, A. (2021). Application of Rewards and Punishments in Improving Learning Outcomes of Islamic Religious Education in State Middle School 1 Tembilahan. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 261–274. https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.8497
Listiani, I., Akbar, F. A., Sasmitaningrum, H., Eprilia, N., Anjarsari, N., Mistrika, E. S., Rahmawati, M. M., Rohman, N. F., Khotima, E. S., Budiarti, N., Uyun, K., Kusumawardani, I., & Sulistyowati, S. (2023). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Mengatasi Kesulitan Pembelajaran Bahasa Jawa. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 95–104. https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.75
Octaviani, F. R., Murniasih, A. T., Dewi, D. K., & Agustina, L. (2020). Apersepsi Berbasis Lingkungan Sekitar sebagai Pemusatan Fokus Pembelajaran Biologi Selama Pembelajaran Daring. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.23917/bppp.v2i2.13792
Puspita sari, A. S., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Rainbow Board di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3251–3265. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1687
Prima Kurniawati, R., & PERMATASARI KUSUMA DAYU, D. (2022). Efektifitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Stem-Pjbl Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Sd. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.38114/riemann.v4i2.262
Solikhah, Nikmatus dan Abdullah H, 2016. “Penggunaan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A Tema Tempat Tinggalku di SDN Menur Pumpungan Surabaya”, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 04, No. 02: 228-239
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wardana, I., Banggali, T., & Husain, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Jurnal Chemica, 18(1), 76–84.
Refbacks
- There are currently no refbacks.