Analisis Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar

Lilik Listiarini, Ibadullah Malawi, Nur Samsiyah

Abstract


Kecakapan berpikir kreatif yaitu bagian dari aspek 4C yang perlu untuk dikuasai siswa pada abad dua puluh satu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menelaah model pembelajaran yang bisa membantu memupuk keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika jenjang sekolah dasar. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review dengan cara mengambil artikel dari Google Scholar dengan estimasi waktu 2018 hingga 2024 sebanyak 7 artikel. Artikel yang diambil sesuai dengan permasalahan analisis model pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika Sekolah Dasar. Berdasarkan artikel yang dikaji memberikan hasil bahwa Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Pengajuan Dan Pemecahan Masalah (Jucama), Model Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (Savi), Model Rme (Realistic Mathematics Education), Model Brain Based Learning, Model Pembelajaran Treffinger, dan Model Project Based Learning dapat meningkatkan kecakapan berpikir kreatif matematis siswa.


Keywords


model pembelajaran, berpikir kreatif, pembelajaran matematika.

Full Text:

PDF

References


Adiansha, A. A., Khatimah, H., & Asriyadin. (2020). Jurnal Guruan MIPA. Jurnal Guruan MIPA, 10(1), 45–52.

Aprilia, S., Sutisnawati, A., & Amalia, A. R. (2019). Pengaruh Model Somatic , Auditory , Visual , Intellectual ( Savi ) Terhadap Kecakapan Berpikir Kreatif. Jurnal Ilmiah Guruan Dasar, 2(1), 24–39.

Bauersfeld, H. (1980). Hidden dimensions in the so-called reality of a mathematics classroom. Educational Studies in Mathematics, 11(1), 23–41. https://doi.org/10.1007/BF00369158

Coffman, D. M. (2013). Coffman 2013. Thinking about Thinking: An Exploration of Preservice Teachers’ Views about Higher Order Thinking Skills.

D.J.Treffinger, G.C. Young, E.C Selby, C. S. (2002). Assessing Creativity: A Guide for Educators. In Journal of Education and Learning (Issue December). http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/detail?accno=ED505548%0Ahttp://dx.doi.org/10.1007/s41465-016-0002-3

Firmansyah, R., Handoko, S., & Gunawan, I. (2019). Peningkatan Kecakapan Berpikir Kreatif Matematika Melalui Model RME ( Realistic Mathematics Education ) di Kelas IV Sekolah Dasar. 17(1), 42–49.

Fitri, A., & Afifah, N. (2013). PENGARUH PENGAJUAN DAN PEMECAHAN MASALAH (JUCAMA) TERHADAP KECAKAPAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Buana Ilmu, 4(1), 151–159.

Florentina, N., & Leonard. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KECAKAPAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Jurnal Formatif, 7(2), 96–106.

Gunawan, A., & Genius, L. S. (2003). Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Leasa, M., Batlolona, J. R., & Talakua, M. (2021). Elementary students’ creative thinking skills in science in the Maluku islands, Indonesia. Creativity Studies, 14(1), 74–89. https://doi.org/10.3846/cs.2021.11244

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2014). Analisis kecakapan berpikir kreatif siswa sd dalam memecahkan masalah matematika. JURNAL LPPM, 2(1), 7–13.

Ndiung, S., Sennen, E., Helmon, A., & Jediut, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. 9(2), 167–178.

Puspitasari, L., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2018). Analysis of Students’ Creative Thinking in Solving Arithmetic Problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 49–60. https://doi.org/10.12973/iejme/3962

Putri, R. K., Samsiyah, N., & Maruti, E. S. (2022). Peningkatan Kecakapan Berpikir Kreatif Siswa SD Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video. 1, 1140–1148.

Robinson, P., & Lowe, J. (2015). Literature reviews vs systematic reviews. 12393. https://doi.org/10.1111/1753-6405.12393

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kecakapan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Silver, E. A. (1997). Fostering creativity through instruction rich in mathematical problem solving and problem posing. Zentralblatt Für Didaktik Der Mathematik, 29(3), 75–80. https://doi.org/10.1007/s11858-997-0003-x

Taufek, M. (2023). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KECAKAPAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 426–430.

Widiani, S. (2018). PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Guruan Guru Sekolah Dasar, IV(1), 30–49.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.