Efektivitas Project Based Flipped Classroom (PjBFC) dengan Media Flipbook terhadap Kemampuan Berpikir Kritiss Siswa SDN Sukorejo 01

Latifah Danar Riyanti, Ibadullah Malawi, Nur Samsiyah

Abstract


Artikel ini bermaksud untuk mendeskripsikan mengenai pembelajaran IPAS menggunakan model Project Based flipped Classroom dengan media Flipbook. Media Flipbook adalah media pembelajaran yang digunakan sebagai bahan ajar siswa yang memiliki tampilan sama dengan buku namun berebentuk digital. Flipbook memiliki kelebihan yaitu dapat digunakan dimanapun, dapat meningkatkan minat belajar siswa, dan menjadikan siswa aktif. Selain itu, Flipbook memiliki kekurangan yaitu penggunaan hanya dilakukan di sekolah yang memiliki fasilitas yang memadai. Penelitian Project Based Flipped Classroom dengan media Flipbook dilakukan di SDN Sukorejo 01 Kecamatan saradan, Kab. Madiun. Adanya penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan PjBFC dengan media Flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sampel yang penelitian ini sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu jenis kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimen one grup pre-test dan post-test. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda yang diberikan 2 kali, yaitu sebelum dilakukan perlakuan (pretest) dan setelah dilakukan perlakuan (postest).  

Keywords


PjBFC, Flipbook, Berpikir kritis, IPAS

Full Text:

PDF

References


Anjarsari, N., Kurniawati, R. P., & ... (2022). Pengaruh Model PBL Berbantuan Flip Book terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 45–51. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/2941%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/viewFile/2941/2293

Aslami, A. D., Khb, M. A., & H, D. E. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. 2(3), 363–370.

Azizani, S. Al. (2021). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran IPS Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VIII SMP IC Nurul Hidayah di Kabupaten Pasuruan kualitas sumber daya manusia seyogyanya diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar penuh key. 3(April).

Benda, G., & Smp, D. I. (n.d.). 1) 1) 1). 326–332.

Cahyono, B. T., Nurryna, A. F., & Natasari, K. N. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Digital Flipbook Sebagai Media Pembelajaran Di Era Teknologi Digital. 1(2), 58–64.

Erita, S. (2023). Optimalisasi Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning-Flipped Classroom. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan …, 6, 34–42. https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/2617%0Ahttps://www.e-journal.my.id/proximal/article/download/2617/1847

Fadel, C., Bialik, M., Trilling, B., Schleicher, A., & ... (2017). Die vier Dimensionen der Bildung: Was Schülerinnen und Schüler im 21. Jahrhundert lernen müssen ….

Firdaus, A., & Nisa, L. C. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. 10(1), 68–77.

Hadiryanto, S., & Thaib, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Konsep Respirasi. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 55. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5122

Iii, B. A. B. (2010). 150 149. 121–156.

Listiqowati, I., Budijanto, Sumarmi, & Ruja, I. N. (2022). The Impact of Project-Based Flipped Classroom (PjBFC) on Critical Thinking Skills. International Journal of Instruction, 15(3), 853–868. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15346a

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279

Muji Rahmawati, M., Chasanatun, F., & Sholikhah, O. H. (2022). Penerapan model think pair share dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 622–630. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Mulyadi, D. U., Wahyuni, S., & Handayani, R. D. (2016). Development of Flash Flipbook Media to Improve Students’ Creative Thinking Skills in Science Learning in Middle School. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296-301–301.

Ngee Mok, H. (2014). Teaching tip: The flipped classroom. Journal of Information Systems Education, 25(1), 7–11. https://ink.library.smu.edu.sg/sis_research

Nuraida, D. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51–60.

Nuryani, L., & Surya Abadi, I. G. (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 247. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934

Putri, M. C. I., Sutiadiningsih, A., Nurlaela, L., Niken, & Purwidiani. (2021). Hubungan Penerapan P. Jurnal Tata Boga, 10(1), 76–86.

Putri, S. A. (2024). Inovasi Dalam Pendidikan : Metode Ice Breaking Sebagai Sarana Meningkatkan Kualitas Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 013 Tanjung Batu. 3(2), 59–65.

Ramadhina, S. R., & Pranata, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7265–7274. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3470

Ristanto, R. H., Rusdi, Mahardika, R. D., Darmawan, E., & Ismirawati, N. (2020). Digital Flipbook Imunopedia (DFI) A Development in Immune System e-Learning Media. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(19), 140–162. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i19.16795

Sanuaka, A. A., Ariawan, K. U., & Sutaya, W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Electronic Book (E-Book) Interaktif Multimedia Dalam Mata Pelajaran Teknik Animasi 3D Dan Teknik Animasi 2D Di Jurusan Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jjpte.v6i2.20234

Setiadi, M. I., Muksar, M., & Suprianti, D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4), 1067–1075. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2542

Solissa, E. M., Triyono, A., Harahap, D. G. S., Rachmaningsih, D. M., Djafri, N., Asmawati, A., & Santosa, T. A. (2023). The Effect of Flipped Classroom Size on Students’ Critical Thinking Abilities. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 5073–5081. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.7118

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The influence of 4C (constructive, critical, creativity, collaborative) learning model on students’ learning outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873–892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a

Syafitri, E., Armanto, D., Rahmadani, E., Medan, U. N., Matematika, P., & Asahan, U. (2021). Aksiologi kemampuan berpikir kritis. 4307(3), 320–325.

Wewe, M. (2017). Jurnal Math Educator Nusantara ( JMEN ) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika dengan Problem Posing pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Golewa Tahun Ajaran 2016 / 2017. 03(76).

Wihartanti, L. V., Prasetya Wibawa, R., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). Penggunaan Aplikasi Quizziz Berbasis SmartphoneDalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019, 362–368.

Wulandari, A. P., Annisa, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 2848–2856. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.933

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540

Zulfikar, F. (2015). Terindeks Sinta 4 (S4). Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Sekolah Menengah Pertama, 4(1), 59–72.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.