Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Outing Class Dengan Metode Brainstorming Siswa Kelas IV SDN 2 Trisono

Indira Eka Palupi, Hartini Hartini, Fauzatul Ma'rufah Rohamanurmeta

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penerapan model pembelajaran outing class dengan metode brainstorming pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SD Negeri 2 Trisono; (2) peningkatan hasil belajar IPAS menggunakan model pembelajaran outing class dengan metode brainstorming pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Trisono. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan berpendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan data nilai awal menunjukkan bahwa hasil belajar pada pra siklus diperoleh persentase ketuntasan siswa 27%, sehingga dapat dikategorikan masih belum memuaskan. Hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan siswa 55%, sehingga dapat dikategorikan cukup memuaskan. Dan hasil belajar pada siklus II diperoleh persentase 91% sehingga dapat dikategorikan sangat baik. Sehingga terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa. Berdasarkan penelitian yang diperoleh, dapat diketahui bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran outing class dengan metode brainstorming dapat memudahkan siswa untuk menyerap materi pembelajaran tentang pengaruh gaya terhadap benda pada mata pelajaran IPAS sehingga terjadi peningkatan pada hasil pembelajaran.


Keywords


hasil belajar, pembelajaran IPAS, outing class, brainstorming

Full Text:

PDF

References


Kamila, A., & Hidayaturrochman, R. (2022). Peran guru dalam mengembangkan psikomotorik anak usia dini melalui media pembelajaran outing class. PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2022.v1i2.1-13.

Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA Melalui Pendekatan Saintifik Pada Mata kuliah IPA Terpadu. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 71. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1762.

Nurdin, S. (2016). Guru Profesional dan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Educative: Jurnal of Education Studies, 1(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30983/educative.v1i1.118.

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman Nurchotimah, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.41752.

Saputra, D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Make A Match Di SDN 12 Api-Api Pesisir Selatan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 148–155. https://doi.org/10.29210/120200.

Tampubolon, R. (2020). SEJ (School Education Journal) Vol. 10 No. 3 Desember 2020. 10(3).

Utami, F. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 551. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.314.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.