Pengaruh Model Discovery Berbantu Media Laskama Terhadap Hasil Belajar Tematik

Rahmah Maulidanti Putri, Heny Kusuma W, Cerianing Putri Pratiwi

Abstract


Penggunaan model pembelajaran ialah suatu kemasan pendidikan yang membuat peserta didik mudah akan pemahaman materi serta menuntaskan masalah di pembelajaran. Tujuannya penelitian ini (1) mendefinisikan penggunaan Model Discovery Learning berkenaan hasil belajar peserta didik kelas III Sekolah Dasar (2) mengetahui hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan Model Discovery Learning berbantu media laskama dalam mapel tematik bagi hasil belajar kelas III Sekolah Dasar (3) mengetahui reaksi peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan Model Discovery Learning berbantu media laskama. Digunakan metode penelitian kuantitatif yang berdesain pre-experimental. Teknik mengumpulkan data dipergunakan observasi/peninjauan, tes, serta angket. Di terapkan dengan model Discovery Learning berbantuan media laskama berlangsung sesuai rencana dengan perolehan hasil belajar peserta didik meningkat. Rata-rata/mean hasil belajar di kelas eksperimen 93.13 sedangkan di kelas kontrol adalah 65.70. Rata-rata/mean hasil belajar di kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol meskipun perbedaan tersebut tidak signifikan.

Keywords


Hasil Belajar, Discovery Learning, Tematik

Full Text:

PDF

References


Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42

Fatimah, D. ., Murtono., & Su’ad. (2020). Pengembangan Media Katela untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 526–532.

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusa, 4(3), 2191.

Mucholladum, Muhammad Wildanum. 2021. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas V. Kediri.

Sulistiani, Ika Ratih. 2016. Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik-Manik dan Sedotan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD Dinoyo 1 Malang.

Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.