Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Abc dengan Metode Iqro’ Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Putri Ayu Dian, Vivi Rulviana, Sri Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunanan bahan ajar abc dengan metode iqro’ terhadap keterampilan membaca permulaan sisa sekolah dasar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas rendah SDN 01 Mojorejo yang belum terampil membaca permulaan yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes yaitu pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan efektivitas kemampuan membaca permulaan pada kelas kontrol sebelum dan sesudah diterapkan bahan ajar abc dengan metode iqro’. Dengan demikian penggunaan bahan ajar abc dengan metode iqro’ terbukti efektif dalam meingkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas rendah SDN 01 Mojorejo. Diharapkan bahan ajar abc dengan metode iqro’ dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa.


Keywords


Bahan ajar abc, Metode iqro, Keterampilan Membaca Permulaan, Siswa Kelas Rendah

Full Text:

PDF

References


Cahyaningtyas, T. I., Dian, P. A., Silviadevi, A. R., Nur, D., Susanto, A. P., & Utomo, R. S. (2023). Kegiatan Posko Literasi bagi Anak Tepian Hutan Desa Nampu Gemarang. 1(3), 305–314.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 4, 147–173.

Dewi, S. E. K., & Pertiwi, R. P. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 SD/MI dengan Metode Iqro di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Purwodadi Belitang Mulya OKU Timur. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(1), 11–15. https://doi.org/10.30599/jimi.v1i1.427

Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339

Halik, A. (2012). METODE PEMBELAJARAN: PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Oleh: Abdul Halik. Jurnal Al-‘Ibrah, I(1), 46.

Kuntarto. (2013). Pembelajaran Membaca, Menulis, dan Berhitung di Sekolah Dasar dalam Konteks Kurikulum 2013. Kemendikbud.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mulyanti , Y. & Cahyani, I. (2018). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Universitas Terbuka.

Nurjayani, F. (2021). Improving student’s Initial Reading Skills Using Flash Card Media. Kalam Cendekia, 9.

Rahim, F. (2008). Pembelajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.

Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya Literasi Remaja di Indonesia: Masalah dan Solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2), 55. https://doi.org/10.20961/jpi.v8i2.66437

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D.

Wulandari, Y., Feniareny, F., Rizhardi, R., & Prasrihamni, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Berbasis Kartu Huruf Untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 25. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.120318


Refbacks

  • There are currently no refbacks.