Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Kelas II SDN 05 Madiun Lor

Priska Wulandari, Elly’s Mersina Mursidik, Djoko Pramono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media konkret. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas. Subjek penelitian ini dilaksanakan sebanyak 27 siswa pada kelas II. Jenis tindakan penelitian menggunakan tahapan pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Hasil penelitian instrumen yang digunakan (1) observasi kegiatan selama pembelajaran berlangsung (2) lembar hasil belajar siswa. Instrumen ini berfungsi untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pembelajaran Matematika materi pecahan dengan menerapkan model PBL berbantuan media konkret yaitu pada siklus I memperoleh prosentase 63% sedangkan pada siklus 2 memperoleh prosentase 88%. Hal tersebut menunjukkan bahwa Penerapan Model PBL berbantuan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi pecahan kelas II di SDN 05 Madiun Lor.

Keywords


Hasil Belajar, Problem Based Learning, Media Konkret

Full Text:

PDF

References


Anisa, R. N., & Riadin, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada SDN 2 Selat Dalam Kuala Kapuas Tahun Pelajaran 2016/2017. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 53–61. https://doi.org/10.33084/tunas.v3i1.588

Frawiyandani, D., Margiati, K. Y., & Sabri, T. (2019). Pengaruh Media Konkret terhadap Hasil belajar matematika kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(2). https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1258

Heruman. (2014). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ira Fitriani, Y., Mursidik, E. M., & Teguh. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Kartu Soal Kelas V SD Negeri 1 Tinatar (Vol. 5). Http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index/.php.jpg/index

Mulyadi, D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt). Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.Id

Nisa, K. K. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Pecahan pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Tambakmulyo Tahun ajaran 2017/2018 (Skripsi, Universitas Sebelas Maret). Universitas Sebelas Maret. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/64260/Penerapan-Model-Problem-Based-Learning-PBL-dalam-Peningkatan-Pembelajaran-Matematika-Tentang-Pecahan-pada-Siswa-Kelas-III-SDN-3-Tambakmulyo-Tahun-Ajaran-20172018

Nurlita, P. S., & Khotijah, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas I Di SDN 3 Jebol. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1826–1834. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4268

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/896

Wijaya, C., & Syahrum. (2013). Penelitian Tindakan Kelas (Melejitkan Kemampuan Penelitian Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru). Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Zidane, J., Susilo, E., & Mursidik, E. M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Siklus Air Menggunakan Model Pembelajaran PjBL Siswa Kelas V SD Negeri 1 Punung. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8421/3183


Refbacks

  • There are currently no refbacks.