Pengaruh Model Problem Based Learning Melalui Media Scratch Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiwiguna, P. S., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). The Influence of the STEM-Oriented Problem Based Learning Model on the Critical Thinking Ability and Scientific Literacy of Class V Elementary School Students in Gugus I Gusti Ketut Pudja. Indonesian Journal of Basic Education, 3(2), 94–103.
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209
Bagasputera, M. A., Sundari, F. S., Utami, D. S., Negeri, D., Gintung, L., & Bogor, K. (2023). Penerapan Media Scratch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Cacah. Sindoro Cendikia Pendidikan, 1(1), 50–63. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332
Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/472
Dakabesi, D., & Luoise, I. S. Y. (2019). The effectiveness of problem-based learning model to increase the students’ critical thinking skills. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(4), 543–549. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i4.12940
Dr. Kustandi.C., & Daddy,D. (2020), Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat
Fajari, L. E. W., Sarwanto, & Chumdari. (2020). Enhancement of Students Critical Thinking Skills Through Problem-Based Learning Multimedia. 397(Icliqe 2019), 976–987. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.121
Luthfiyyah, R. Z., Nurhikmah, J., Najayanti, N., Irsalina, S., Nabilah, S., & Alindra, A. L. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Scratch Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di Salah Satu Sekolah Dasar Purwakarta. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5722–5731.
Mariskhantari, M., Karma, I. N., & Nisa, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 1 Beleka Tahun 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 710–716. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.613
Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279
Nurlaeli, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Tsaqofah, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i1.253
Pratama, B. A., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapat model problem-based learning dan discovery learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 83–92. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1918
Rahman, A., Khaeruddin, K., & Ristiana, E. (2020). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 30 Sumpangbita. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 29–41. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.201
Risnawati, A., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat SDN Wora. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 109–115. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.426
Susanto, H., & Prawitasari, M. (2024). Effectiveness of Quantitative Research Methods Course Module in Fostering Students ’ Academic Literacy. 8(2), 273–286.
Wahyudi, Nugrahani, F., & Giyatno. (2021). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran PBL Melalui Conference. Educatif Journal of Education Research, 4(4), 74–84. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i4.129
Winarti, Ririn Andriani Kumala Dewi, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gamabar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 1884–1898.
Refbacks
- There are currently no refbacks.