Pengaruh Model Problem Based Learning Melalui Media Scratch Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

One Novamu Norrohma Sekti, Vivi Rulviana, Sri Lestari

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan utama yang dibutuhkan siswa guna menghadapi suatu permasalahan yang perlu dipecahkan. Melalui model pembelajaran PBL menyajikan konsep permasalahan nyata dalam kehidupan serta dapat ditunjang dengan menggunakan media scratch. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media scratch terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Pre- Experimental Design serta jenis penelitian satu kelompok pretest- posttest. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa dengan menggunakan sampel siswa kelas IV SDN 01 Mojorejo teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dimana jumlah populasi relatif kecil kurang dari 30. Instrumen yang digunakan untuk mengukur peneliti adalah tes. Tahap pretest digunakan sebelum pembelajaran berlangsung menggunakan model PBL berbantuan media scratch, tahap posttest dilakukan setelah pembelajaran menggunakan media scratch dengan model PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model PBL berbantuan media scratch dalam pembelajaran terbukti berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata- rata siswa meningkat.

Keywords


Berpikir kritis, Problem Based Learning, Scratch

Full Text:

PDF

References


Adiwiguna, P. S., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). The Influence of the STEM-Oriented Problem Based Learning Model on the Critical Thinking Ability and Scientific Literacy of Class V Elementary School Students in Gugus I Gusti Ketut Pudja. Indonesian Journal of Basic Education, 3(2), 94–103.

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209

Bagasputera, M. A., Sundari, F. S., Utami, D. S., Negeri, D., Gintung, L., & Bogor, K. (2023). Penerapan Media Scratch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Cacah. Sindoro Cendikia Pendidikan, 1(1), 50–63. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/472

Dakabesi, D., & Luoise, I. S. Y. (2019). The effectiveness of problem-based learning model to increase the students’ critical thinking skills. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(4), 543–549. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i4.12940

Dr. Kustandi.C., & Daddy,D. (2020), Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat

Fajari, L. E. W., Sarwanto, & Chumdari. (2020). Enhancement of Students Critical Thinking Skills Through Problem-Based Learning Multimedia. 397(Icliqe 2019), 976–987. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.121

Luthfiyyah, R. Z., Nurhikmah, J., Najayanti, N., Irsalina, S., Nabilah, S., & Alindra, A. L. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Scratch Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di Salah Satu Sekolah Dasar Purwakarta. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5722–5731.

Mariskhantari, M., Karma, I. N., & Nisa, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 1 Beleka Tahun 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 710–716. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.613

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279

Nurlaeli, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Tsaqofah, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i1.253

Pratama, B. A., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapat model problem-based learning dan discovery learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 83–92. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1918

Rahman, A., Khaeruddin, K., & Ristiana, E. (2020). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 30 Sumpangbita. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 29–41. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.201

Risnawati, A., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat SDN Wora. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 109–115. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.426

Susanto, H., & Prawitasari, M. (2024). Effectiveness of Quantitative Research Methods Course Module in Fostering Students ’ Academic Literacy. 8(2), 273–286.

Wahyudi, Nugrahani, F., & Giyatno. (2021). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran PBL Melalui Conference. Educatif Journal of Education Research, 4(4), 74–84. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i4.129

Winarti, Ririn Andriani Kumala Dewi, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gamabar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 1884–1898.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.