Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V Di Sd Negeri 03 Klegen Kota Madiun

Okta Prayogo, Vivi Rulviana, Agnes Sudjarnuwarini

Abstract


Berdasarkan hasil analisis data kegiatan pelaksanaan penelitian ini dengan menggunakan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Klegen dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penelitian ini dapat berjalan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar dan nilai keterampilan ketika membuat mind mapping yang berisi tentang isi materi pembelajaran pada setiap siklus nya. Adanya peningkatan pada siklus I dari nilai rata-rata kelas dari 60, prosentase nilai ketuntasan belajar sebesar 50%, serta rata-rata nilai keterampilan mencapai 68,75 menjadi nilai rata-rata kelas pada siklus II sebesar 85, nilai ketuntasan belajar dengan prosentase 100%, serta nilai rata-rata keterampilan mencapai 84,3.Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan nilai hasil belajar Pendidikan Pancasila pada siswa Kelas V SDN 3 Klegen Kota Madiun setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping.


Keywords


Hasil Belajar, Mind Mapping, Pendidikan Pancasila

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Cetakan Keduabelas. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Hidayani,M.(2018)Model Pengembangan KurikuluM At- Ta’lim Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 375. https://doi.org/10.29300/attalim.v 16i2.845

Isnaini, N. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Puppet Terhadap Hasil Belajar Tematik Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Brumbun Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi: Madiun: Universitas PGRI Madiun

Kadir, Abd & Hanun Asrohah (2015). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5 (1) https://doi.org/10.21831/jpe.v 5i1.8391

Lestari, D.K., & Irawati, H. (2020) Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dan motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 9(3),51-59.

Lickona, Thomas. (2008). Educating for Character. New york: Bantam Book

Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning “Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang- ruang Kelas”. Jakarta: Grasindo

Mulyawati, A. T. (2022). Komparasi Penalaran Matematis Berdasarkan Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Problem Solving Pada Siswa Kelas IV Di Min 6 Ponorogo. Iain Ponorogo.

Purnama, A.C. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Patihan Kota Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Madiun. Universitas PGRI Madiun.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Susanto, A. (2016) Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenamedia Group.

Wibowo, B. A. (2018). Penerapan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dengan Pendekatan Komprehensif Oleh Guru Mata Pelajaran PPKn ( Studi Kasus di SMP ISLAM TERPADU AL FURQON PALEMBANG). Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi: Palembang: Universitas Sriwijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.