Persepsi Siswa Kelas IV Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Digital pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Rafika Andan Sari, Cerianing Putri Pratiwi, Vivi Rulviana

Abstract


Media pembelajaran adalah sebuah sarana yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk mengkomunikasikan materi pembelajaran kepada siswa. Penggunaan media pembelajaran yang bervariasi yang di dalamnya terdapat game pembelajaran dan berbasis teknologi digital, sehingga siswa mengalami kebingungan untuk memahami materi pembelajaran, salah satunya pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini guna mengetahui bagaimana persespsi siswa kelas IV terhadap pengembangan media pembelajaran ular tangga berbasis digital pada mata pelaajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini tergolong penelitian survei. Dalam penelitian ini, peneliti melaksanakan survei kepada siswa kelas IV SDN Sobrah di Kabupaten Madiun dengan sampel sebanyak 16 siswa dengan rincian siswa laki-laki ada 4 dan siswa perempuan ada 12. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket atau kuesioner yang di dalamnya terdapat 11 aspek pertanyaan terkait pengembangan media pembelajaran ular tangga berbasis digital. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum, siswa condong memberikan tanggapan “sangat setuju” dan “setuju”. Persepsi siswa terhadap pengembangan media pembelajaran ular tangga berbasis digital pada mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu siswa setuju terhadap pengembangan media pembelajaran tersebut dan media pembelajaran tersebut bisa dipakai ketika proses pembelajaran.

Keywords


Persepsi Siswa; Media Ular Tangga Berbasis Digital; Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D., Relmasira, S., & Tyas Asri Hardini, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Pada Peserta Didik Kelas 2 Sd. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 324. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.379

Ariyanto, B., Chamidah, A., & Suryandari, S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(01), 85. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i01.917

Daulay, F. A., & Rambe, N. R. (2023). Penerapan Media Ular Tangga dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Neger 2 Tehoru. Indonesian Journal of Teaching and Teacher Education, 1, 34–39. https://doi.org/10.58835/ijtte.v3i1.196

Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Ekayani, N. (2021). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Ganesha University of Education, March, 1–16.

Karimah, R., Supurwoko, S., & Wahyuningsih, D. (2014). Pengembangan Media Pembelajarn Ular Tangga Fisika Untuk Siswa SMP/MTs KELAS VIII. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 6–10.

Kurniatisyah. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Pada Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Anak Usia 5-6 Tahun di KB Melati Putih Kampung Ekan Gayo Lues. Skripsi Tidak Di Terbitkan. Banda Aceh. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Prasasti, P., & Dewi, C. (2020). Pengembangan Assesment of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0. untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 66. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24280

Simanjuntak, H., Sembiring, E. L., Kudadiri, R. T., Sianturi, L., Tambunan, W. G., Sianturi, S. T. L., & Bangun, A. A. R. (2023). Pembelajaran Menyenangkan dengan Menggunakan Media Pembelajaran dan Metode Bervariasi pada Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 6–11.

Sumaryamti, S. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Pancasila di SMK Negeri 1 Surakarta. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(1), 47–55. https://jist.publikasiindonesia.id/index.php/jist/article/view/564/998

Utami, I. ra, & Abdulah, M. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga dalam Pembelajaran Tema Daerah Tempat Tinggalku Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 581–590.

Virawati, Y., Permana, E. P., & Zunaidah, F. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Berkarakter Materi Asean Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 31–40. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.351

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 68–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728


Refbacks

  • There are currently no refbacks.