Implementasi Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Elfina Prameswari Putri, Candra Dewi, Fida Rahmantika Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi media video animasiterhadapkemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar melalui studi literatur. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan artikel ilmiah yang relevan dengan topik penelitian. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa implementasi media video animasi dalam pembelajaran di sekolah dasar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Media video animasi terbukti efektif dalam menarik perhatian siswa, memvisualisasikan konsep-konsep abstrak, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penggunaan media video animasi juga dapat melatih siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan membuat kesimpulan dari informasi yang disajikan. Dapat disimpulkan bahwa media video animasi merupakan media pembelajaran yang efektif untuk diimplementasikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.

Keywords


Media Audio Visual; Berpikir Kritis; Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. Presentation at the Sixth International Conference on Thinking at MIT.

Kuswidyanarko, A. (2017). The Analysis of Mathematical Literacy on Realistic Problem-Based Learning with E-Edmodo Based on Student’s Self Efficacy. Journal of Primary Education, 6(2), 103–113.

Legowo, B., Kusharjanta, B., Sutomo, A. D., & Wahyuningsih, D. (2019). IncreasingCompetency 4C Using The G-Suite Application For Education. International Journal Of Active Learning, 4(2), 168–171.

Lowe, R. K. (2003). Animation and learning: Selective processing of information in dynamic graphics. Learning and Instruction, 13(2), 157-176.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Tsamara, D., & Dafita, R. (2021). The effect of animated video learning media on critical thinking skills of elementary school students. Jurnal Basicedu, 5(5), 3330-3339.

Sudiarta, I. G. P., & Sandra, I. (2016). Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2). https://doi.org/http:// dx.doi.org/10.23887/ jppundiksha.v49i2.9009.

Wulandari, Y. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.