Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pengumpulan Data Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas V SD Negeri 1 Punggelan

Sony Irianto, Atikah Fitriana

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan matematika materi pengumpulan data melalui penerpan model kooperatif tipe STAD. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Punggelan, kelas V. Penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data pengetahuan diperoleh dari tes evaluasi. Data peningkatan sikap gotong royong dan keterampilan menyelesaikan persoalan matematika diperoleh dari pengamatan langsung dalam kelas. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskripif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada pengetahuan peserta didik dengan presentase ketuntasan 85,72%. Peningkatan pada sikap gotong royong dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata observasi ranah sikap yang diperoleh mencapai 3,21 dengan kriteria baik, dan telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu sebesar 3 dengan kriteria baik.  Peningkatan keterampilan menyelesaikan persoalan matematika, dibuktikan dengan peningkatan skor pada observasi keterampilan yang diperoleh mencapai 3,27 dengan kriteria sangat baik dan telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu skor 3 dengan kriteria baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat  meningkatkan hasil belajar matematika materi pengumpulan data.

Keywords


STAD (Student Team Achievement Division); Hasil Belajar; Matematika

Full Text:

PDF

References


Anurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Hariwijaya. (2009). Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta: Tugu Publisher.

Isjoni. (2011). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Rosdiati, R. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Peserta didik Sekolah Dasar. Suara Guru, 3, (2), 315-322.

Slavin, R.E. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sohimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wong, L., N., Bin Ghazali, M. I., & Raman, A. (2016). The Effectiveness Of Student Teams-Achievement Division (STAD) Cooperative Learning on Mathematics Achievement Among School Students In Sarikei District, Sarawak. International Journal of Advanced Research and Development, 1, (3), 17-21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.