Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Pengingat Digital Terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas IV SDN 01 Mojorejo

Fachrul Ichsannudin, Vivi Rulviana, Sri Lestari

Abstract


Abstrak artikel harus menuliskan hal-hal umum mengenai Pembelajaran IPAS diintegrasikan untuk mengembangkan pemahaman konsep dan keterampilan proses, fokus pada ekosistem, organisme, dan benda mati di alam semesta serta interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah 20 siswa yang diberikan tes sebelum (Pretest) dan setelah (Posttest) dalam perlakuan menggunakan media pembelajaran flashcard digital. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep IPA setelah perlakuan. Rata-rata nilai posttest (79.868) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest (65.790), dengan adanya peningkatan yang konsisten dalam distribusi frekuensi nilai siswa. Penggunaan flashcard digital sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan daya ingat dan pemahaman konsep sains siswa. Kesimpulannya, penggunaan media flashcard digital berpotensi meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas 4 SDN Mojorejo, memberikan pembelajaran yang lebih bermakna,simple dan menarik bagi siswa.

Keywords


Flashcard Digital , Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Fadillah, N. (2022). Pengembangan Media Flash Card Interaktif Digital untuk meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SDN 015920 Air Genting Tahun Pelajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85-114.

Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas media flash cards dalam meningkatkan pemahaman konsep. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167-182.

Gunawan, I. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Retrieved June, 7, 2017.

Hanifa, N. I., Akbar, B., Abdullah, S., & Susilo, S. (2019). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X IPA Pada Materi Perubahan Lingkungan Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 121-128

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46.

Hazmar, R., & Marlian, M. (2022). Pemanfaatan Media Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 3(2), 95-106.

KAHAR, Abdul. Deskripsi Teoritis, Kerangka Berpikir Dan Hipotesis Penelitian. Potret Pemikiran, 2015, 19.1.

Khasanah, A. (2015). Pemasaran jasa pendidikan sebagai strategi peningkatan mutu di SD Alam Baturraden. El-Tarbawi, 8(2), 161-176.

Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.

Mardia, K. V. (1975). Assessment of Multinormality and the Robustness of Hotelling's T 2. Test. Journal of the Royal Statistical Society Series C: Applied Statistics, 24(2), 163-171.

Masna, W. (2022). Perancangan Flash Card Sebagai Alat Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2018). Manfaat serta kendala menerapkan flashcard pada pelajaran membaca permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210-228.

Nursarofah, N. (2022). Meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini melalui pembelajaran kontekstual dengan pendekatan merdeka belajar. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 38-51.

Okpiani, S., Aryaningrum, K., & Kuswidyanarko, A. (2022). Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV Di SD Negeri 18 Lahat. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 57-68.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.