Pengembangan Media Flash Card ABC untuk Membaca Permulaan Kelas I SD
Abstract
Kegiatan pembelajaran terjadi antara guru dan siswa, dengan tujuan agar siswa dapat memahami materi pembelajaran. Kesesuaian dan inovasi media perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca permulaan agar siswa tidak jenuh dan bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Flash Card ABC untuk membaca permulaan kelas I SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan menerapkan model ADDIE. Penelitian ini melibatkan siswa kelas I SD PLUS Darussalam sebanyak 17 orang. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, validasi ahli materi, media, bahasa, angket respon guru, dan siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli materi mendapatkan nilai 90,7%, ahli media memperoleh nilai 87,8%, ahli bahasa memperoleh nilai 87,4%. Berdasarkan hasil penilaian para ahli menunjukkan pengembangan media Flash Card ABC untuk membaca permulaan layak digunakan di SD dan mampu mencapai tujuan penelitian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apfani, S., Utami, E. P., & Suryani, A. I. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Flashcard pada Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal PendidikanTambusai, 6(2), 16789–16796. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5214
Chaerani, A., Fadilah, A. A., Azhar, A. P., Magdalena, I., & Sa’odah, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas 1 SD di biMBA-Aiueo Kramat Semanan. Journal on Education, 5(4), 12477–12485. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2232
Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Ulfaida, N., & Fitriyana, N. (2023). Pendampinhan Siswa Sekolah Dasar dalam Membaca Permulaan dengan Aplikasi Si Raca. Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 598–607. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/132
Hamid, A., Jayanti, J., & Selegi, S. F. (2023). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD Negeri 01 Ulak Kemang. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(1), 129. https://doi.org/10.33603/caruban.v6i1.8134
Herlina, E. S. (2020). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Journal of Science Education Research, 5(4), 11–14.
Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2019). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard Pada Pelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i3.892
Pamungkassari, W. D. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 669–677. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/55
Partikasari, R. P., Suryani, N. A., & Imran, R. F. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Bermain Flash Card Subaca. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 36–55. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i2.3741
Pratiwi, R. Y., Noviati, P. R., & Akbar, A. (2022). Penggunaan Media Flash CardUntuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Pada Materi Menyusun Kalimat. Jurnal Sebelas April Elementary Educatio n(SAEE), 1(2), 62–68. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/saee/article/view/211/134
Prihantini, A. S., Afika, A., & Nisa, Hilma Wardatun, E. F. S. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Alphabet pada Siswa Kelas 1. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin V (SNIPMD V,5(5), 220–226. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5214
Rachman, Dr. E. Yochanan, D. I. A. I. S. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R &D. CV Saba Jaya Publisher.
Refbacks
- There are currently no refbacks.