Efektivitas Model Pembelajaran RADEC Berbantuan Media Komik Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adywinata, I. K. S., & Wiyasa, I. K. N. (2022). Komik Digital Berbasis Pendidikan Karakter Muatan PPKn sebagai Media Variatif untuk Siswa Kelas V SD. Research & Learning in Primary Education, 4, 480–489.
Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939–955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446
Aldona, R., Pratiwi, C. P., & Tryanasar, D. (2023). Meningkatkan Keterampilan MembacaPemahaman Peserta Didik Kelas V SekolahDasar (Sd) Dengan Menggunakan ModelPembelajaran Radec (Read, Answer, Discuss,Explain, Create). Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(2), 333–339. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93–106. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48–52. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118
Budi, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran melalui E-Comic Berbasis Scientifik Approach pada Mata Pelajaran Matematika Materi Limit Fungsi. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(1), 71–83.
Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459.
Ernawati, Y., Rufii, & Waluyo, D. A. (2020). Komik Digital Ekonomi Untuk Generasi Milenial. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 7–15.
Guntur, M., Sahronih, S., & Ismuwardani, Z. (2023). Pengembangan Komik Sebagai Media Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 34–44. https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9685
Handayani, H., Sopandi, W., Syaodih, E., Setiawan, D., & Suhendra, I. (2019). Dampak Perlakuan Model Pembelajaran Radec Bagi Calon Guru Terhadap Kemampuan Merencanakan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 79–93. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1857
Handayani, Triastuti, Sri Wahyu Widyaningsih, and Irfan Yusuf. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik” 2 (1). https://doi.org/10.22216/jcc.2017.v2i1.1543.
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411–422. https://doi.org/10.58230/27454312.56
Hernita, H., & Dharma, S. (2023). Studi Literatur: Pemanfaatan Model RADEC terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 5918–5927.
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 1–12.
Kaharuddin, A., & Hajeniati, N. (2020). Pembelajaran Inovatif dan Variatif. Berkah Utami.
Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X Ips Di Man 1 Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(19), 939–946.
Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80–90. https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385
Marzuqi, I. (2019). Pendidikan dan Latihan Profesi Guru(PLPG) Mapel Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294
Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23. https://www.jurnal.stitnu-sadhar.ac.id/index/index.php/JS/article/view/17
Mulyati, Y. (2014). Hak i k at Ke t e r am p i l an Ber b ah asa. Hakikat Keterampilan Berbahasa, 1–34.
Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756
Ningsih, M. P., & Amini, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Comic Berbasis “RADEC” pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar. 11(3), 1985–1996.
Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Miskat, 3(1), 171–187.
Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190–200. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18626
Permana, E. P. (2015). Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.23917/ppd.v2i2.1648
Pinatih, S. A. P., & Putra, S. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. 5(1), 115–121.
Pohan, A. A., Abidin, Y., & Sastromiharjo, A. (2020). Model Pembelajaran RADEC dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 496, 250–258.
Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191–203. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653
Purnama, U. B., Mulyoto, & Ardianto, D. T. (2015). Penggunaan media komik digital dan gambar pengaruhnya terhadap prestasi belajar IPA ditinjau dari minat belajar siswa. Teknodika, 13(2), 21–28. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/teknodika/article/view/6793/4649
Purnamaningrum, Yusro, A. C., & Mistini. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas 3 Melalui Media Pembelajaran Komik Digital Di SD 2 Bandar. 08(July), 1–23.
Rahmanto, Y., Randhika, M. F., Ulum, F., & Priyopradono, B. (2020). Aplikasi pembelajaran audit sistem informasi dan tata kelola teknologi informasi berbasis mobile. 14(2), 62–67.
Rindiana, T., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skill Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 89–100. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.186
Rosyid, Z., Halimatus, S., & Nanda, S. (2020). Ragam Media Pembelajaran. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Melalui Model Read, Answer, Disscuss, Explain, And Creat. Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Tanaman Obat Sebagai Terapi Penyakit Degeneratif Kelompok Lansia Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, IV, 24–32.
Siregar, A., Irmawati Siregar, D., & BTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, U. (2021). Analisis Evaluasi Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 114.
Sockman, B. R., Sutton, R., & Herrmann, M. (2016). Comic Relief: Graduate Students Address Multiple Meanings for Technology Integration with Digital Comic Creation. TechTrends, 60(5), 475–485. https://doi.org/10.1007/s11528-016-0083-y
Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 19–34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1853
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan media pembelajaran komik digital pada mata pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi siswa kelas V sekolah dasar di kota Bogor. 3(2), 171–185.
Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508–5519. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1680
Ulfiyani, S. (2016). Pemaksimalan Peran Guru Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah. Transformatika, 15(1), 165–175.
Ummah, N. A., Ghufron, S., Kasiyun, S., & Rahayu, D. W. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Kelas IV Sekolah Dasar. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(2), 120–128. https://doi.org/10.31294/w.v12i2.8346
Wandani, R. W., Sopandi, W., Sujana, A., & Rosmiati, I. (2022). The Effectiveness of the RADEC Learning Model Assisted by Digital Comics Media on Students Learning Outcomes and Interest in Learning. Proceeding The 4th International Conference on Elementary Education, 4(1), 721–729.
Refbacks
- There are currently no refbacks.