Upaya Mengenalkan Macam-Macam Makanan Tradisional Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran CTL

Juang Davyan Rhamandhira, Parji Parji, Heny Kusuma Widyaningrum

Abstract


Masih banyaknya siswa yang menyukai makanan atau jajanan khas barat seperti pizza, nugget, sosis, kenthucky, dan lain sebagainya. Siswa tidak mengetahui bahwa daerah tempat tinggalnya juga memiliki makanan tradisional khas Ponorogo yaitu Gethuk Golan. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk mengurangi kecintaan siswa terhadap makanan atau jajanan khas barat yaitu dengan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Proyek ini bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan makanan tradisonal dalam mengembangkan siswa menjadi pelajar pancasila. Proyek profil pelajar pancasila ini dilakukan pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Glinggang Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo dengan jumlah 12 siswa. Dari proses selama pelaksanaan kegiatan yang berjalan lancar, tertib dan hasil refleksi akhir siswa. Siswa mampu mendapatkan hal baru yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu bisa mengenal berbagai jajanan tradisional, bisa membuat jajanan tradisional sendiri, meraskan asiknya kerjasama yang baik dengan teman-temannya, serta siswa mampu menghargai hasil karya orang lain. Dilihat dari hasil refleksi diri, 90% siswa akan melestarikan makanan tradisional dengan mengenalkan makanan tradisional ke orang lain.

Keywords


Makanan Tradisional; Contextual Teaching and Learning

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. 2021. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maydiantoro, A. (2019). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Metode Penelitian, 10, 1–8.

Marwanti, 2000: 112. [online] https://text-id.123dok.com/document/dzx02d64z-pengertian-makanan-tradisional-ciri-ciri-makanan-tradisional-hasil-penelitian-yang-relevan.html,

Nuril Lubaba, Meilin, and Iqnatia Alfiansyah. 2022. “Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 9 (3): 687–706. https://doi.org/10.47668/ edusaintek.v9i3.576.

Purwodarminto. (2000). Pengertian Makanan Tradisional Ciri-ciri Makanan Tradisional Hasil Penelitian yang Relevan. https://text-id.123dok.com/document/dzx02d64z-pengertian-makanan-tradisional-ciri-ciri-makanan-tradisional-hasil-penelitian-yang-relevan.html

Rizky Satria, dkk.2022. Panduan Pengembangan Projek PenguatanProfil Pelajar Pancasila.. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia .

Sanjaya, dkk.2006. [online] http://bumipendidik.blogspot.com/2014/07/model-pembelajaran-ctl-contextual.html

Sulastri, Sulastri, Syahril Syahril, Nelfia Adi, and Ermita Ermita. 2022. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Di Sekolah Dasar.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 7 (3): 583. https://doi.org/10.29210/30032075000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.