Penamaan Karakter Cinta Tanah Air Bagi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tari di Sekolah dasar Negeri Klino IV

Linta Krida Ningtias, Ratiih Widiasari, Veronica Virianti, Shelsabilla Bilqish Grivianti, Farida Gussheila, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini di fokuskan pada objek nilai pendidikan karakter melalui ekstrakulikuler tari yang di laksanakan Sekolah Dasar Negeri Klino IV, ekstrakulikuler tari yang di perlukan karena terdapat penanaman akan nilai edukasi dan estetik yang berakar pada tradisi seni budaya. Tujuan adanya seni tari adalah menggali kemampuan bakat dan minat siswa dalam rangka pengembangan kemampuan dan menggali potensi siswa dalam mengolah rasa. Dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler pada sekolah dasar di harapkan dapat menjadi wadah untuk penaluran energi para siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu focus pada pengamatan yang mendalam. Oleh karenanya, penggunaan metode kualitatif dalam penelitian dapat menghasilkan kajian atas suatu fenomena yang lebih komprehensif. Hasil penelitian ini dapat digunakan berbagai kalangan baik guru maupun masyarakat secara luas untuk menerapkan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam ekstrakulikuler tari. Tidak hanya SDN Klino IV saja tetapi sekolah lain bisa menggunakan dengan suka rela untuk melatih nilai karakter siswa dengan mudah melalui ekstrakulikuler tari.

Keywords


Nilai Karakter, Siswa, Ekstrakulikuler Tari, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Nur Alfiah H. (2019). Efforts to instill the character of patriotism at SDN 2 Purbalingga Lor.

Wita Sugianti. (2015).Learning the art of dance in developing children's motor skills.

Daliyah Wawarsi. (2019). Dance Extracurricular to Increase Students' Self-Confidence.

Dyah Anggreani Andaryanti. (2021). LEVEL OF STUDENT SATURATION IN ACTIVITIES EXTRACURRICULAR DANCE ARTS.

Vona Harista S.Pd., (2020). The goals of dance as well as the vision and mission.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.