Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Finda Ady Pangesti, Rissa Prima Kurniawati, Vivi Rulviana

Abstract


Pembelajaran matematika disekolah dasar hanya bersifat satu arah, berpusat pada guru, guru hanya menerangkan materi, dan kurang menggunakan media pembelajaran, sedangkan siswa hanya mendengarkan dan melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini akan berakibat pemahaman siswa pada pembelajaran matematika menjadi berkurang dan presetasi belajar matematika menurun. Oleh sebab itu diperlukan media pembelajaran yang bervariasi yaitu media smart box. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media smart box yang dapat mempengaruhi siswa hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 9 perempuan. Instrumen penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika pada penerapan media smart box di sekolah dasar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media smart box dapat meningkatkan hasil belajar matematikan siswa sekolah dasar.

Keywords


Media smart box, hasil belajar matematika, Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Alianto, A., Hasan, R., & Irwandi, I. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom dan Whatsapp Mesenger Di SMP Negeri 4 Bengkulu Tengah. Biodik, 7(4), 10–17. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.13565

2 . Cahyaningtyas, T. I., Maruti, E. S., Rulviana, V., & Rahmawati, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Untuk Anak Tuna Grahita SDN Inklusi Sukowinangun 02 Magetan. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 10(1), 66–72. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria

3. Cahyaningtyas, T. I., Maruti, E. S., Rulviana, V., & Rahmawati, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Untuk Anak Tuna Grahita SDN Inklusi Sukowinangun 02 Magetan. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 15(1), 66–72. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria

4. Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

5. Kurniawati, R. P. (2016). Pembelajaran Berbantuan Multimedia Berdasarkan Cognitive Load Theory Pada Pelajaran Matematika Sd. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 79–88. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.308

6. Kurniawati, R. P., Rulviana, V., Permatasari, D., & Dayu, K. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Stemterhadap Kemampuan Literasi Matematis Pada Siswa Kelas 5 Sd. 10–15.

7. Maradika, A. P., Kumalasari, E., Azizah, W. A., Widodo, S. T., & Nurkhikmah, A. (2023). Pengaruh Media Smart Box Dengan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas Ii Sd Negeri Tugurejo 02 Materi Penerapan Nilai Pancasila. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri , 09, 1–15.

8. Oktavia, J., Zahra, V., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 545–554. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/425/293

9.Pahleviannur, R. S. M. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. In Pradina Pustaka.

10. Sulaedah, S., Utomo, S., & Ismaya, E. A. (2022). Development of Smart Box of ASEAN Learning Media in Social Science Learning for Class VI Elementary School Students. Uniglobal Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 54–59.

11.Yesi Budiarti. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Smart Box Berbantu Audio Visual. Bagimu Negeri : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 37–40.

12.Yuliastri Nur Adiyah , Fitriani Rohyana, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Smart Box Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnalcare, 8(2), 29–36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.