Penerapan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Jagad Talenta Boma Jalu Damara, Hendra Erik Rudyanto, Fida Rahmantika Hadi

Abstract


Membaca adalah sebuah keterampilan dasar-dasar yang harus dimiliki setiap siswa .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menerapan media wordwall. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I  SDN 03 Taman Kota Madiun yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data dalam Penelitian Tindakan Kelas sebagai berikut observasi, test, dokumentasi.Prosedur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam bentuk (siklus), tiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil Penelitian menunjukan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II dengan menggunakan media wordwall dapat dibuktikan bahwa pada penelitian siklus I presentase ketuntasan siswa 60% atau 6 siswa yang mencapai nilai tuntas dengan rata-rata 62% tetapi belum mencapai nilai standar KKM maka dilakukan refleksi dan perbaikan pada siklus I agar pada penerapan siklus II lebih baik dan mencapai ketuntasan yang telah di tetapkan. Pada penelitian siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu nilai presentase ketuntasan pada siswa 90% atau 9 siswa tuntas dengan rata-rata 90% dengan demikian peningkatan membaca permulaan pada siswa mengalami peningkatan dan telah mencapai nilai KKM maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media wordwall dapat meningkatkan membaca permulaan pada siswa kelas I Sekolah Dasar.

Keywords


Penerapan, Membaca Permulaan, Media Wordwall

Full Text:

PDF

References


Agus, M. (2024). Penelitian Tindakan Kelas. PELITA Jurnal Pendidikan Dan Kegurua, 2, 1. https://e-jurnal.staialgazalisoppeng.ac.id/index.php/pelita/article/view/38

Ahmad, A., Rachman, D. A., Istiqomah, R., & Putri, F. R. (2024). Pengaruh Games Based Learning Berbantuan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 2 SD. Pengaruh Games Based Learning Berbantuan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 2 SD, 2, 247–253.

Darneti. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata. Journal on Teacher Education, 4(4), 146–156.

Dianti, Y. (2017). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(3), 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Fadhillah, L. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Hukum dan Peradilan di Indonesia. Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 22–28. https://doi.org/10.56393/pijar.v2i1.1127

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 4.

Hasanah, L., & Nurhasanah, A. (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(1), 12–22. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i1.24384

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587

Humaira, A., Info, A., & Application, W. (2024). Pengaruh Aplikasi Wordwall Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Nanga Taman. 13, 251–258. https://doi.org/10.26418/jppk.v13i2.70212

Inayahtur Rahma Sekolah Tinggi Agama Islam Pancawahana Bangil, F. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–95.

Novianti, R. (2012). Teknik observasi bagi pendidikan anak usia dini. Educhild, 01(1), 22–29. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/1621

Purwanza, S. W., Wardhana, A., Mufidah, A., Renggo, Y. R., Hudang, A. K., Setiawan, J., & Darwin. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. In Media Sains Indonesia (Issue March).

Puspita, A., Puspita Sari, D., Al Khoziny Buduran, I., & UIN Sunan Ampel Surabaya, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 138.

Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 121–128. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.632

Sari, H. M., Uswatun, D. A., Amalia, A. R., Mariam, S., & Yohana, E. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa melalui Kartu Kata Berbasis Wayang Sukuraga. Jurnal Basicedu, 6(5), 7707–7715. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3557

Savira, A., & Gunawan, R. (2022). The Effect of Wordwall Application Media in Improving Learning Outcomes of Science Subjects in Elementary School. Journal of Education Science, 4(4), 5453–5460.

Sitorus, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Kolaborasi (Analisis Prosedur, Implementasi dan Penulisan Laporan). AUD Cendekia Journal of Islamic Early Childood Education, 01(03), 200–213.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Utami, A. D. D., Marini, A., Nurcholida, N., & Sabanil, S. (2022). Penerapan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6855–6865. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3365

Witri, D., Saputra, H. H., & Rahmatih, A. N. (2022). Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II di SD Negeri 1 Wanasaba Daya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2181–2189. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.929


Refbacks

  • There are currently no refbacks.