Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Purworejo

Eva Diah Lupitasari, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional untuk menguji ada tidaknya hubungan motivasi belajar dan disiplin belajar siswa secara parsial dan bersama-sama terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN Purworejo 02 Kecamatan Geger. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Purworejo 02 yang berjumlah 20 siswa. Data penelitian dianalisis menggunkan analisis statistik uji T parsial untuk menguji masing-masing variabel bebas dan uji F untuk menguji variabel secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Purworejo 02 Kecamatan Geger dengan koefisien korelasi sebesar 2,261 dan tingkat pencapaian sebesar 72,82%. Terdapat hubungan antara disiplin belajar terhadp hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Purworejo 02 Kecamatan Geger dengan koefisien korelasi sebesar 8,051 dan tingkat pencapaian disiplin belajar mencapai 78,02%. Secara bersama-sama terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan koefisien korelasi diperoleh 55,004 terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN Purworejo 02 Kecamatan Geger.

Keywords


Motivasi belajar; Disiplin belajar; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. Rezandy. 2021. Hubungan Media Massa online dengan Penemuan Kebutuhan Informasi Mahasiswa. Jurnal riset Jurnalistik. Vol.1 No.1. Hal 35-44

Aslianda Z, Israwati, & Nurhaidah. 2017. Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 2. No 1

Azahra, Fidyawati, & Tisna. 2020. Peran Guru dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. Confrence of Elementary Studies

Chatarina, Berty, & Jhon. 2020. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science and Phsics Education Journal. Vol 3. No. 2

Elly, Rosma. 2016. Hubungan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. Vol 3 No. 4

Kurniasari N, Yarmi G, & Kartono. 2023. Hubungan Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio. Vol 9. No. 3

Naibaho D. E, Sipayung R, & Tanjung D.S. 2020. Hubungan Disiplin belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran matematika Kelas V di SD Negeri 24 Tanjung Bunga. School Education Journal. Vol. 10. No. 4

Pertiwi, Surjana, & Airin. 2019. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. 2(3). 301-308

Rumia. 2015. Analisis Tingkat kedisiplinan Peserta Didik Sebelum dan Sesudah Prakerin di SMK Negeri 3 Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol 3. No. 1

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Lupitasari dan Maruti

Azeti S, Mulyadi H, & Purnama R. 2019. Peran Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Pada Prestasi Belajar

Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Journal of Business Management Education. Vol 4. No. 4

Lase, Asali. 2016. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar. Jurnal Warta Edisi : 48. ISSN : 1829 – 7463

Sukasno. 2019. Problematika Pembelajaran Matematika di SD. Journal Mathematics Science And Education

Tu’u, Tulus. 2017. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.