Pengaruh Penggunaan Model Directed Reading Thinking Activity (drta) Berbantuan Media Teks Cerita Digital Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Fera Yunitasari, Ivayuni Listiani, Hendra Erik Rudiyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran directed reading thinking activity (DRTA) yang dibantu oleh media teks cerita digital berdampak pada kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pada penelitian ini, desain asli eksperimental digunakan, sehingga konsep post-test only cotrol digunakan. Studi ini melibatkan 52 siswa dari SDN 04 Manisrejo dan SDN 01 Josenan di kota Madiun. Random sampling adalah teknik pengambilan sampel di mana sampel dipilih secara acak. Pada penelitian ini, sampelnya terdiri dari 32 siswa, 16 di antaranya berada di kelas A sebagai kelas eksperimen dan 16 di antaranya berada di kelas B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan pengujian dan arahan. Hasil analisis data menunjukkan perbedaan di antara 16 siswa dalam kelas eksperimen, dengan rata-rata 86,25, sedangkan kelas kontrol sebanyak 16 siswa dengan rata-rata 57,93. Hasil uji hipotesis diketahui Ttabel 2,0422dengan signifikasi 5% 0,05. Thitung 6,6411 > (Ttabel) 2,0422. Dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model directed reading thinking activity (DRTA) berbantuan media teks cerita digital terhadap berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar.


Keywords


Berpikir Kritis, Directed Reading Thinking Activity, Media Teks Cerita Digital

Full Text:

PDF

References


Annisai, Siti. 2015. Pieningkaitain Kiemaimpuain Bierpikir Kritis Siswai Paidai Piembielaijairain IPAi Mielailui Miodiel Piembielaijairain Priobliem Baisied Lieairning DI Kielais V (Studi Pienielitiain Tindaikain Kielais di SD Niegieri Paisirlaijai 03 Kaibupaitien Biogior.

Anwar, C. R., & Ramadani, P. (2021). Digital Storytelling: Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Proceeding Teknologi Pendidikan Seminar Daring Nasional 2021: Digital Generation For Digital Nation, 1(8), 82–86. https://ojs.unm.ac.id/tekpend/article/view/22637

Astari, N. W. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (Drta) Terhadap Keterampilan Membaca Cepat Siswa. Journal of Education Technology, 3(2), 119. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21716

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2022). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) e-ISSN 2745-5955 | p-ISSN 2809-0543, 3(5), 362–366. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol3iss5pp362-366

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596

Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517–8528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650

Juniasih, N. W., Jampel, I. N., & Setuti, N. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/788

Mulyaningtyas, R., & Setyawan, B. W. (2021). Aplikasi Let’s Read sebagai Media UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 34 | Jurnal Estetika , Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Estetika Vol, 3(1), 33–46. https://doi.org/10.36379/estetika.v3i1

Noermanzah, N. (2018). Model-Model Pembelajaran Membaca sebagai Inovasi dalam Mengembangkan Bahan Ajar Membaca. Seminar Nasional MLI Universitas Bengkulu, 3(11), 176–190. https://doi.org/10.31219/osf.io/hpq2d

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Suciionio, W. (2021). Bierpikir kritis (tinjaiuain mielailui kiemaindiriain bielaijair, kiemaimpuain aikaidiemik dain iefikaisi diri). Pienierbit Aidaib.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cet. 21). Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.