Penggunaan Papan Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SDN Bobol 1 Kecamatan Sekar Bojonegoro

Erna Widyawati, Dewi Tryanasari, Apri Kartikasari H.S

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilakukan karena rendahnya nilai belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pecahan kelas 4  SDN Bobol 1. Hal ini diketahui dari hasil observasi sebelum penelitian dan wawancara terhadap Guru dan siswa kelas 4 serta hasil nilai harian. Penyebab terjadinya masalah yaitu guru dalam mengajar masih menggunakan cara konvensional sehingga membuat siswa merasa bosan, susah menerima materi serta menganggap pelajaran matematika itu sulit. Maka dari itu dalam upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilakukan melalui pengguanaan media papan pecahan dalam proses pembelajaran.. Penelitian ini diilakukan pada kelas 4 SDN Bobol 1 dengan jumlah 18 siswa  teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaann media papan pecahan dalam meningkatkan hasil belajar Matematika materi pecahan sudah diterapkan dengan baik. Dapat dilihat dari perolehan nilai aktivitas guru pada prasiklus menunjukan Sebagian besar nilai siswa masih dibawah rata-rata dilanjut pada siklus 1 I yaitu 72,5 (cukup) meningkat menjadi 82,5 (baik) pada siklus II. Sedangkan pada aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 71,25 (cukup) menjadi meningkat 86,25 (sangat baik) pada siklus II. 2) Hasil belajar Matematika materi pecahan melalui media papan pecahan mengalami peningkatan.

Keywords


Papan Pecahan, Matematika

Full Text:

PDF

References


Rahayu, Y. (2018). Alat Peraga Papan Pelangi pada Operasi Hitung Pecahan di Sekolah Dasar. All Rights Reserved P-ISSN, 2(2), 2580–2586.

Saputri, M. E. E. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas Vi Sd Negeri Gunung Pasir Jaya Pada Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 211–222. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp211-222

Wulandari, I., & Untari, M. F. A. (2023). 31. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Berbantuan Media Papahan Siswa Kelas Ii SD Negeri Tambirejo. Prosiding Seminar Nasional ….

Mulyani, E., & Yatri, I. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Papan Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Mengenal Bilangan Pecahan Kelas II SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2191–2201.

Hadijah, S., Nur, L., & Siregar, K. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Visual Papan Pecahan pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan DI Kelas IV SD Negeri 105365 Lubuk Bayas. 2(1), 1–19.

Baharuddin, M. R., & Abidin, M. Z. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Melalui Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Papan Tulis Digital Kelas IV SDN 03 Surutanga. Cokroaminoto Journal of

Primary Education, 4(2), 197–205. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.1456

Hadijah, S., Nur, L., & Siregar, K. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Visual Papan Pecahan pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan DI Kelas IV SD Negeri 105365 Lubuk Bayas. 2(1), 1–19.

Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi, 4(2), 165–172.

Mulyani, E., & Yatri, I. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Papan Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Mengenal Bilangan Pecahan Kelas II SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2191–2201.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.