Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe TGT Berbantuan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Evika Sari, Bambang Eko Hari Cahyono, Endang Sri Maruti

Abstract


Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru merupakan hal inti dari pendidikan. Fokus utama dalam pendidikan adalah untuk memastikan bahwa siswa berhasil mencapai hasil belajar yang optimal. Dengan memprioritaskan proses pencapain untuk menghasilkan prestasi belajar yang baik, dapat menggunakan model dan media yang memadai. Dengan demikian pendidik dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung dan memotivasi siswa untuk mencapai potensi terbaik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelaajaran Cooperative Learning dengan media komik digital terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN Sogaten pada materi perubahan sumber energi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV yang ditentukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh dengan populasi seluruh siswa kelas IV berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan analisis data pretest dan postest menggunakan uji paired t-test, diperoleh nilai Sig. Kurang dari 0,001 < 0,05 artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media komik digital dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan media komik digital. Penggunaan media komik digital memiliki hubungan sebab akibat sebesar 0,884 terhadap peningkatan hasil beajar siswa pada materi perubahan sumber energi.


Keywords


Model Pembelajran, Media Komik Digital, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Bungalangan, Y. T., Isu, R. J., Hadi, M. P., Astuti, N. N. T., Dibia, I. K., Riastini, P. N., Addailani, S. H., Santoso, A. B., Sulastri, Imran, Firmansyah, A., Tefa, P. I., Bulu, V. R., Nitte, Y. M., Idrus, C., Lidia, W., Hairunisya, N., Sujai, I. S., Distya, M., … Arikunto, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 240. http: ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD%0Ayang%0Ahttp://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspektif/article/view/75%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/29825-ID-perbedaan-hasil-belajar-siswa-menggunakan-metode-pembelajaran-kooperatif-tipe-

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685

Najmi, N., Rofiq, M. H., Anas, M., & Arif, M. (2021). the Effect of Cooperative Learning Model Type of Teams Games Tournament (Tgt) on Student’S Learning Achievement. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 246–258. http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/At-Tarbiyat/article/view/291

Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

SARI, S. (2019). Literasi Media Pada Generasi Milenial Di Era Digital. Profesional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 6(2), 30–42. https://doi.org/10.37676/professional.v6i2.943

Sofiah, R., Suhartono, S., & Hidayah, R. (2020). Analisis Karakteristik Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Sebagai Model Pembelajaran: Sebuah Studi Literatur. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2611

Sohil, F., & Sohail, M. U. (2022). Measuring the impact of COVID-19 on distance learning for educational sustainability. Cogent Education, 9(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2034248

Susanti, E., & Wulandari, S. (2021). The Use of Digital Comics in Teaching Narrative Texts to Improve Students’ Reading Comprehension. Journal of English Language Teaching, 10(1), 78-85.

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14


Refbacks

  • There are currently no refbacks.