Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Melatih Kecerdasan Visual-Spasial Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas I SDN Pacing 2

Vika Laraswati, Hartini Hartini, Suyanti Suyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media puzzle gambar untuk melatih kecerdasan visual-spasial pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas I SDN Pacing 2. Latar belakang penelitian ini adalah adanya siswa yang memiliki kecerdasan visual-spasial rendah dan kesulitan dalam menghafal gambar pengamalan sila Pancasila. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) ini menggunakan model ADDIE. Proses pengembangan media puzzle gambar dilakukan melalui tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian  ini  melibatkan ahli  materi  dan  ahli  media  pembelajaran  sebagai  validator. Kelayakan media puzzle gambar diperoleh dari angket respon guru dan siswa. Hasil dari validator ahli materi dengan persentase skor 80,00% yang termasuk dalam kriteria “cukup valid”. Validator ahli media pembelajaran dengan persentase skor 87,5% yang termasuk dalam kriteria “sangat valid”. Respon penggunaan produk dari guru dan siswa dengan persentase 98,3% yang termasuk kariteria “sangat valid” dan 99,99% yang termasuk dalam kriteria “sangat valid”. Media puzzle gambar yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, guru dan siswa dengan kategori "sangat baik".

Keywords


Kecerdasan Visual-Spasial; Media Puzzle Gambar; Pendidikan Pancasila

Full Text:

PDF

References


Anggraini Tondang, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Dalam Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Puzzle Di Taman Kanak-Kanak Harapan Bunda Kota Jambi.

Baderan, J. K. (2018). Pengembangan Soal High Order Thinking (HOT) Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Vi Sd.

Handayani, R. (2023). Pengaruh Model Inquiry Laboratorium Terhadap Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Di Sma Negeri 1 Gunung Meriah Skripsi.

Mu’min, S. A., & Yultas, N. S. (2020). Efektifitas Penerapan Metode Bermain dengan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Al-TA’DIB, 12(2), 226. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1217

Pietono, Y. D. (2022). Anak “Bodoh” itu Tidak Ada. Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id=v86nEAAAQBAJ

Sri, R., Taman Kanak-Kanak, W., & Andayani, P. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Pada Anak Udia Dini Kelompok.

Zuhdi, F., Khairunnisa, I., & Syahrul, J. (2021). ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal Pengaruh Metode Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Materi Ppkn Di Kelas V Sdn 2 Kalijaga. 2(1), 44–54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.