Pengaruh model cooperative learning tipe think pair and share (TPS) berbantuan media question card terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV

Yustika Aisya Renata, Endang Sri Maruti, Nur Samsiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperatif Learning tipe Think Pair and Share berbantuan media  Question Card terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV. Peneliti menggunkan metode kuantitatif, menggynkan strategi rancangan eksperimental semu (Quasi Experimental) dengan Nonequivalent Control group Design.  Pengujian menggunakan simple random sampling subyek penelitian ini adalah 17 siswa kelas IV di salah satu SDN Kecamatan Ngebel. Hasil penelitian dengan uji-t diketahui bahwa thitung= 3,329 dan ttabel = 1,697 dengan taraf signifikasi 0,05 atau 5% nilai thitung= 3,329 dan ttabel = 1,697 sehingga  ditolak dan   diterima, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model Cooperatif Leraning tipe  Think Pair and Share (TPS)  berbantuan  media  Question Card  terhadap hasil belajar IPAS kelas IV.

Keywords


Model TPS; question card; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


A., S. (2022). Konsep Desain Pembelajaran IPAS Untuk Mendukung Penerapan Asesmen Kompetensi Minimal. Faculty of Mathematics and Natural Sciences.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.

Lestari, P., & Romdiani, N. S. (2018). Efektifitas Pembelajaran Dengan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Gantang, 3(1), 17–23. https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.304

Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. 3(2), 101–110.

Prasetya, T. H. (2012). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYUSUN INSTRUMEN HASIL BELAJAR BERBASIS MODUL INTERAKTIF BAGI GURU-GURU IPA SMP N KOTA MAGELANG. Journal of Educational Research and Evaluation.

Trianto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis Dan Emplementasinya. Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Winantara, I. W. D., & Jayanta, I. N. L. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NO 1 MENGWITANI. 1(1), 9–19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.