Kemampuan pemecahan masalah matematis melalui soal cerita analisis berdasarkan kemampuan akademik berbeda pada siswa kelas V SDN 02 Klegen Madiun

Dewi Arofatul Mahmudah, Ivayuni Listiani, Diyan Marlina

Abstract


Pendidikan matematika termasuk Pendidikan dengan hasil yang masih sangat rendah. Pada beberapa kasus matematika menjadi pembelajaran yang ditakuti oleh beberapa siswa khususnya di jenjang SD. Seperti siswa yang lamban untuk memahami materi, namun ada juga siswa yang cepat dalam memahami materi. Perbedaan dalam pemahaman tersebut merupakan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis. Akhirnya kemampuan pemecahan masalah ini perlu ditingkatkan untuk menjadi salah satu cara yang dapat ditempuh seperti dalam kegiatan belajar mengajar yang berfokus terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Tingkatan kemampuan yang termasuk dalam kategori HOTS yakni kemampuan analisis (C4). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini mengambil 6 (enam) responden, yang terdiri dari dua siswa dengan kemampuan akademik tinggi, dua siswa dengan kemampuan akademik sedang dan dua siswa dengan kemampuan akademik rendah. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian ini, presentase kemampuan pemecahan masalah pada siswa masih banyak berasal dari kategori rendah. Siswa berkemampuan akademik tinggi, sedang ataupun rendah mempunyai cara menyelesaikan pemecahan masalah dalam soal cerita berbasis analysis (C4) yang berbeda-beda disetiap kemampuannya.

Keywords


Pemecahan masalah; masalah matematis; soal cerita analisis; kemampuan akademik

Full Text:

PDF

References


Adhimah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618

Arafani, E. L., Herlina, E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematik Siswa SMP Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 323–332. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.112

Attami, D., Budiyono, B., & Indriati, D. (2020). The mathematical problem-solving ability of junior high school students based on their mathematical resilience. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012152

Darwanto. (2019). Hard Skills Matematik Siswa (Pengertian Dan Indikatornya). Jurnal Eksponen, 9(April), 21–27.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Fazzilah, E., & Effendi, K. N. S. (2020). Strategi Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Pada Soal Pisa Like. Journal Unsika, 883–891. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Hayatullah. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Hots (Higher Order Thinking Skill) Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 24 Makassar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ilfa Minanur Rohman. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Higher Oreder Thinking Skills (HOTS) Berdasarkan Motivasi Belajar Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pembelajaran , 16(9), 1-14, 2(0341), 552249.

Kushendri, & Sylviana Zanthy, L. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JMPI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 94–100.

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150.

Mairing, J. P. (2018). Pemecahan masalah matematika. Bandung: Alfabeta.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramli, R. W., Arsyad, N., & Ma’rup, M. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (Hots) Pokok Bahasan Pola Bilangan Pada Kelas Viii a Smp Negeri 1 Sungguminasa. Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 2(1), 84–92. https://doi.org/10.30605/27458326-75

Rustandi, A. A., Harniati, & Kusnadi, D. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 599–597.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Simarmata, J. S. (2020). Pembelajaran STEAM berbasis HOTS dan penerapannya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.