Implementasi model SAVI berbantu video terhadap keterampilan berpikir kritis kelas IV SD

Rafita Eka Primadani, Candra Dewi, Maya Kartika Sari

Abstract


Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa dalam mempelajari mata plejaran IPS. keterampilan berpikir merupakan mengambil keputusan dengan baik. Keterampilan berpikir kritis merupakan kegiatan mengalisis sebuah permaslahan untuk ditarik kesimpulan. Salah satu mata pelajaran IPS lebih banyak menekankan materi. Media video dapat menunjang kegiatan proses pembelajaran. Model pembelajaran SAVI lebih melibatkan semua alat panca indera (mendengar, menganilisa, melakukan, dan mennyimak). SAVI memiliki 4 tahap yaitu (tahap persiapan,tahap penampilan, penampilan hasil, dan penutup) Dengan menggunakan media video dapat menggunakan model pembelajaran salah satunya model SAVI Sehingga siswa tidak mudah cepat bosan serta dapat menambah pengalaman baru siswa dalam menggunakan model dan media yang inovatif dan kreatif.

Keywords


SAVI; video animasi; keterampilan berpikir kritis; IPS

Full Text:

PDF

References


Akhsanti, Dina. 2019. “Keefektifan Media Animasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Jambudesa Kabupaten Purbalingga.”

Andrasari, Nurani Ani. 2022. “Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru Sd.” Jurnal Kajian Pendidikan Dasar 7(1): 36–44.

Anggraeni, Nofi. 2022. “Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas Tinggi.” Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 8(1): 84–90. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD.

Dewi, Candra. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinkpair-Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah Sosial Ips Pada Siswa Sekolah Dasar.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 5(02): 155–67.

Dewi, M R S. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI ( Somatic , Auditori , Visual Dan Intektual ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Sekolah Dasar.” Mimbar PGSD Undiksha 7(1): 22–28.

Haryadi, Rahman, Iwit Prihatin, Dwi Oktaviana, and Herminovita Herminovita. 2022. “Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Software Powtoon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika 11(1): 11.

Izzuddin, Ahmad. 2022. “M a s l i Q.” 2(September 2022): 658–67.

Khoerunnisa, Sofiana. 2018. “Keefektifan Media Spotlight Book Dengan Model Savi.” Jipp 2(3): 248–57. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/viewFile/16221/10138.

Linggarsari, Elkana. 2021. “Meta Analisis Pembelajaran Berbasis Media Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” 2(1): 122–28.

Mashuri, Delila Khoiriyah, and Budiyono. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang Untuk SD Kelas V.” Jpgsd 8(5): 893–903.

Muliarta Adi Komang, I Gusti Agung Oka Negra, Wiarta Wayan I. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA.” Mimbar Ilmu 25(1): 75.

Nainggolan, Merienta. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(4): 2617–25.

Ningsih, S W. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectually) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 14 ….” … Pendidikan … 4: 1935–39. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5643.

Pamungkas, Wahyu Agung Dwi, and Henny Dewi Koeswanti. 2022. “Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 4(3): 346–54.

Pradana, Dian. 2020. “Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Subtema Pembentukan Karakter Untuk Siswa SDLB Tunarungu.” JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 7(2): 96–106.

Rosidah, Lina. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media KAPINDO Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema 6 Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 6(1): 50–64.

Safitri, Alvira Oktavia, Puji Ayu Handayani, and Tin Rustini. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SD.” Journal on Education 5(1): 919–32.

Saputra, I Made Mahendra, and Ida Bagus Surya Manuaba. 2021. “Media Video Animasi Berbasis Project Dalam Muatan Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 5(1): 10–16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/32843/18323.

Shoimin, Aris. 2019. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2015. Yogyakarta Ar-Ruzz Media.

Ulfa, Tri, and Erni Munastiwi. 2021. “Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 4(1): 50–54.

Umam, Khoirul. 2020. “Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti.” E-Journal Ups 4(januari 2020): 1–11.

Veriansyah, Ivan. 2022. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X Sman 6 Pontianak Pendahuluan Pendidikan Merupakan Salah Satu Faktor Yang Menentukan Kemajuan Suatu.” 7: 71–80.

Wahyuni, Dila, and Milya Sari. 2020. “Efektifitas E-Modul Berbasis Problem SolvingTerhadap Keterampilan Berpikir Kritis Perserta Didik *) Corresponding Author.” Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA 6(2): 2477–6181. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/226.

Wulandari, Irma. 2022. “Efektivitas Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) Berbasis Media Flashcard Terhadap Minat Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn 137 Palembang.” 07.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.