Implementasi model SAVI berbantu video terhadap keterampilan berpikir kritis kelas IV SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhsanti, Dina. 2019. “Keefektifan Media Animasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Jambudesa Kabupaten Purbalingga.”
Andrasari, Nurani Ani. 2022. “Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru Sd.” Jurnal Kajian Pendidikan Dasar 7(1): 36–44.
Anggraeni, Nofi. 2022. “Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas Tinggi.” Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 8(1): 84–90. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD.
Dewi, Candra. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinkpair-Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah Sosial Ips Pada Siswa Sekolah Dasar.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 5(02): 155–67.
Dewi, M R S. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI ( Somatic , Auditori , Visual Dan Intektual ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Sekolah Dasar.” Mimbar PGSD Undiksha 7(1): 22–28.
Haryadi, Rahman, Iwit Prihatin, Dwi Oktaviana, and Herminovita Herminovita. 2022. “Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Software Powtoon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika 11(1): 11.
Izzuddin, Ahmad. 2022. “M a s l i Q.” 2(September 2022): 658–67.
Khoerunnisa, Sofiana. 2018. “Keefektifan Media Spotlight Book Dengan Model Savi.” Jipp 2(3): 248–57. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/viewFile/16221/10138.
Linggarsari, Elkana. 2021. “Meta Analisis Pembelajaran Berbasis Media Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” 2(1): 122–28.
Mashuri, Delila Khoiriyah, and Budiyono. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang Untuk SD Kelas V.” Jpgsd 8(5): 893–903.
Muliarta Adi Komang, I Gusti Agung Oka Negra, Wiarta Wayan I. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA.” Mimbar Ilmu 25(1): 75.
Nainggolan, Merienta. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(4): 2617–25.
Ningsih, S W. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectually) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 14 ….” … Pendidikan … 4: 1935–39. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5643.
Pamungkas, Wahyu Agung Dwi, and Henny Dewi Koeswanti. 2022. “Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 4(3): 346–54.
Pradana, Dian. 2020. “Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Subtema Pembentukan Karakter Untuk Siswa SDLB Tunarungu.” JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 7(2): 96–106.
Rosidah, Lina. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media KAPINDO Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema 6 Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 6(1): 50–64.
Safitri, Alvira Oktavia, Puji Ayu Handayani, and Tin Rustini. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SD.” Journal on Education 5(1): 919–32.
Saputra, I Made Mahendra, and Ida Bagus Surya Manuaba. 2021. “Media Video Animasi Berbasis Project Dalam Muatan Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 5(1): 10–16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/32843/18323.
Shoimin, Aris. 2019. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2015. Yogyakarta Ar-Ruzz Media.
Ulfa, Tri, and Erni Munastiwi. 2021. “Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 4(1): 50–54.
Umam, Khoirul. 2020. “Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti.” E-Journal Ups 4(januari 2020): 1–11.
Veriansyah, Ivan. 2022. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X Sman 6 Pontianak Pendahuluan Pendidikan Merupakan Salah Satu Faktor Yang Menentukan Kemajuan Suatu.” 7: 71–80.
Wahyuni, Dila, and Milya Sari. 2020. “Efektifitas E-Modul Berbasis Problem SolvingTerhadap Keterampilan Berpikir Kritis Perserta Didik *) Corresponding Author.” Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA 6(2): 2477–6181. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/226.
Wulandari, Irma. 2022. “Efektivitas Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) Berbasis Media Flashcard Terhadap Minat Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn 137 Palembang.” 07.
Refbacks
- There are currently no refbacks.