Penerapan media komik digital pada pembelajaran IPA sekolah dasar

Melgina Choirunisa, Pinkan Amita Tri Prasasti, Raras Setyo Retno

Abstract


Era moldern sekarang ini kemajulan teknollolgi pada zaman saat ini semakin canggih. Penggulnaan teknollolgi yang menulnjang prolses pembelajaran puln semakin majul. Seolrang gulrul tidak bisa hanya menggulnakan bulkul saja sebagai alat bantul pembelajaran, maka diperlulkan adanya media pembelajaran gulna ulntulk membantul gulrul dalam membulat situlasi pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Salah satu faktor penyebab rendahnya mutu pendidikan adalah pemanfaatan media belajar yang kurang optimal. Guru belum pernah menerapkan media yang menarik selama mengajar, sehingga menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dari permasalahan yang ada, diperlukan media pembelajaran yang menarik. Media tersebut adalah komik digital, media yang di dalamnya memuat materi sumber daya alam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media komik digital terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Karena siswa dalam pembelajaran lebih aktif dalam mengikuti topik yang dijelaskan oleh guru dan materi lebih mudah dipahami. Hal ini membuat hasil belajar siswa meningkat.

Keywords


Komik digital; hasil belajar; IPA

Full Text:

PDF

References


Amita, P. (2018). JPE ( Julrnal Pendidikan Edultama ) Voll . 5 Nol . 2 Julli 2018 Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Visulal Olffice Mix Pada Mahasiswa Pendidikan Gulrul Sekollah Dasar Ulniversitas. 5(2), 55–62.

Ayul, S., Pinatih, C., Kt, D. B., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Kolmik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mulatan IPA. 5(1), 115–121.

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2016). Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Komputer. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 2(2), 1–11.

Deri Rahmatulllah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kolmik DIgital Pada Materi Kerjasama Ekolnolmi Internasiolnal Mata Pelajaran Ekolnolmi Kelas XI MIPA SMA NEGERI 1 PLAMPANG Tahuln Pelajaran 2019/2020. 1(4), 179–186.

Dwiyanti, I., Supriatna, A. R., & Marini, A. (2021). (2021). Studi Fenomenologi Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Daring Muatan IPA Di SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 74-88. 06.

Ermawati, & Rulfaidah, D. (2019). Implementatioln olf Tri-N (Niteni-Nirolkke-Nambahi) and PPK (Strengthening olf Character Edulcatioln) in Explanatioln Text Learning Develolpment olf Grade 8th. Prolceedings: The Internatiolnal Colnference oln Technollolgy, Edulcatioln, and Science, 1(1), 33.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. 4, 104–117.

Hasan, M., Pd, S., & Pd, M. (2021). Media Pembelajaran (M. P. Dr. Fatma Sukmawati (ed.)).

Isran Rasyid & Rolhani. (2018). Manfaat Media Dalam pembelajaran. XVI(1). https://doli.olrg/10.21831/jpai.v16i1.20173

Nindya, Haguls, & Raras. (2016). Pengarulh Moldel Pembelajaran Qulantulm Dengan Media Auldiol Visulal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Ngrulkem Kecamatan Mlarak Kabulpaten Polnolrolgol. 3(2), 32–35.

Nulrhayati, I. (2019). Pengembangan Media Kolmik Digital Pada Pembelajaran PPKn di SMA ( The Develolpment olf Digital Colmic Media oln Learning olf Civic Edulcatioln in Seniolr High Schololl ). Julrnal Teknollolgi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 65–75.

Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

Rahmasari, R. (2016). Application of Problem Based Learning Model to Increase Science Learning Result of 4th Grade Student. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, 3456–3465.

Retnol, Pinkan, & Naniek. (2022). Penerapan Bahan Ajar E-bololk Berbasis SETS ulntulk Mengulatkan Literasi Sains Siswa kelas VI Sekollah Dasar. 1, 996–1001.

Rivaldi, K. H. O., Putra, D. K. N. S., & Putra, I. K. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 128. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15494

Rusli, M. (2011). Teori Belajar Permainan Dienes Dalam Pembelajaran Matematika. 3. https://doi.org/10.26618/sigma.v3i1.7199

Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113-121. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113–121. http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/425

Susilowati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 78. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13677

Sulistyowati, S., Gunawan, E., & Rusdiana, L. (2022). Aplikasi Game Edukasi Matematika Tingkat Dasar Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 16(1), 107. https://doi.org/10.33365/jti.v16i1.806.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.