Kajian literatur inovasi pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis lingkungan sosial dan budaya

Faradika Tiarawati, Fida Rahmantika

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu pengaruh lingkungan sosial budaya pembelajaran yang relevan pembelajaran berbasis lingkungan sosial budaya terhadap keberhasilan pengembangan karakteristik siswa di sekolah menggunakan studi literatur. Kajian ini berupa kajian pustaka berlandaskan penelaahan terhadap hasil penelitian terkait dengan persoalan pengembangan perilaku siswa di sekolah menggunakan pembelajaran berdasarkan lingkungan sosial budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis lingkungan sosial dan budaya di sekolah dapat efektif dan berhasil,ditopang dengan kompetensi guru profesional dalam berinovasi dalam pembelajaran di kelas. Pengembangan karakteristik siswa di sekolah berlandaskan Kurikulum 2013 bisa ditingkatkan dengan pembelajaran berbasis lingkungan sosial budaya yang disesuaikan dengan kemajuan zaman globalisasi.

Keywords


Budaya; inovasi; lingkungan sosial; pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Astuti, T. M. P., Kismini, E., & Prasetyo, K. B. (2014). The Socialization Model of National Character Education for Students in Elementary School Through Comic. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 6(2), 260–270. https://doi.org/10.15294/komunitas.v6i2.3305

Journal, International, Pedagogy Of, and Social Studies. 2018. “1 , 2 , 3.” 3(1): 39–49.

Kahne, J. E., Sporte, S. E., & Publicate, W. (2009). Developing Citizens 1 CIVIC LEARNING OPPORTUNITIES AND CIVIC COMMITMENTS Developing Citizens: The Impact of Civic Learning Opportunities on Students’ Commitment to Civic Participation. Center for Information and Research on Civic Learning and Engagement (CIRCLE), 510, 1–59. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED499374.pdf

Kalidjernih, Freddy Kirana. (2010). “Situasionisme: Refleksi untuk Pendidikan Karakter di Indonesia”, disampaikan dalam Seminar Aktualisasi Pendidikan Karakter yang diselenggarakan oleh Program Studi PKn SPs UPI, 15 November 2010

Kramsch C. (1996). The cultural component of language teaching. Language, Culture, and Curriculum, 8(12), 83–92. http://tujournals.ulb.tu-darmstadt.de/index.php/zif/article/view/741/718

Mubah, A. S. (2011). Strategi Meningkatkan Daya Tahan Budaya Lokal dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Tahun, 24(4), 302–308.

Ningsih, M. Y., Efendi, N., & Sartika, S. B. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(2), 42–51. https://doi.org/10.37729/jips.v2i2.1403

Pane, M. M., & Patriana, R. (2016). The Significance of Environmental Contents in Character Education for Quality of Life. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 222, 244–252. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.153

Peraturan Presiden. 2017. “Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017 TENTANG PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA.” Journal of Chemical Information and Modeling: 7.

Raharjo, S. (2013). Pendidikan Karakter Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Integratif. Peranan Guru Profesional Dan Berkarakter Dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia Di Era Global, 271–284.

Winarsih, W. (2019). Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Tabung Kebaikan pada Sekolah Dasar Negeri Jetisharjo. Prosiding Seminar Nasional Manajemen …, September, 403–414. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp/article/view/5565.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.