Pengaruh model pembelajaran take and give terhadap literasi sains siswa kelas v sekolah dasar

Rista Kurniawati, Ivayuni Listiani, Naniek Kusumawati

Abstract


Tujuan dari penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh model take and give terhadap literasi sains siswa kelas v sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment Design. Populasi dari penelitian adalah siswa SDN 1 Pulung dan SDN Patik yang berjumlah 131 siswa. Sampel yang digunakan yaitu berjumlah 50 siswa kelas V dari kedua sekolah yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan rata - rata nilai kelas eksperimen 77.6, rata - rata nilai kelas kontrol 51.4. Uji normalitas berdasarkan uji Klomogrov-Smirnov >0,05 hasil dari kelas eksperimen 0,92, kelas kontrol 0,69 maka data dinyatakan normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikasi  0,389 > 0,05 maka data bersifat homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil analisis t-test diperoleh nilai sign-2 tailed sebesar 0,000 yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05 yang diartikan jika sign<0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran take and give berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan hasil angket menunjukkan respon siswa setuju terhadap penggunaan model take and give


Keywords


Take and Give; Literasi Sains; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Aiman, U., Dantes, N., & Suma, K. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap literasi sains dan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 196-209.

Nur’aini, F., Ulumuddin, I., Sari, L. S., & Fujianita, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. Pusat Penelitian Kebijakan, 3, 1–10.

Wahyuningsih, S. (2021). Literasi Sains Di Sekolah Dasar Jakarta 2021. Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar, 15.

Sofiani, I. F., Mushafanah, Q., & Kiswoyo, K. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 40–45. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.30004.

Theriana, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SD IT Qurrotaâ€TMayun Belitang OKU Timur. SCHOLASTICA JOURNAL : JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN DASAR (Kajian Teori Dan Hasil Penelitian), 2(1). https://doi.org/10.31851/sj.v2i1.3994.

Ida, F. F., & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’Arrib: Journal of Arabic Education, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2100

Ayuning Tyas, A. (2019). pengaruh model pembelajaran take and give dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaan ipa kelas v di sekolah dasar (sd) negeri 1 jarai (doctoral dissertation, iain bengkulu).

Darma, Y., Suratman, D., & Yanimurni, A. (2019). Analisis Data Statistik. Graha Ilmu.

Darmawan, D. (2019). Metode Penelitian (P. Latifah (ed.); 4th ed.). Remaja Rosdakarya.

Education, E., Guru, P., Dasar, S., & Buton, U. M. (2021). Jurnal basicedu. 5(6), 5631–5639.

Efendi, N., Barkara, R. S., Universitas, D., Negeri, I., & Binjol, I. (2021). Studi literatur literasi sains di sekolah dasar. 1(2), 57–64.

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telambanua, T., & Hulu, F. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. 08(January), 325–332.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.