Upaya Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Menggunakan "Pin Pandhawa" Pada Siswa Kelas IV SDN Tambakromo 1

Thereza Juwita Eka Putri, Eni Winarsih, Doddik Setiawan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya persoalan mengenai kerusakan moral pada remaja dan pelajar yang mengindikasikan telah hilangnya nilai-nilai luhur yang melekat pada bangsa kita serta penanaman karakter disiplin pada anak yang memberikan kesan ketidaknyamanan belajar pada anak. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan karakter kedisiplinan siswa melalui metode Reward and Punishment dengan menggunakan “Pin Pandhawa” . Tujuan penggunaan Reward and Punisment berbantuan karakter wayang karena karakter wayang yang syarat dengan nilai-nilai filosofis yang penting bagi perkembangan anak didik kedepannya. Jenis penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 25 siswa kelas IV di SDN Tambakromo 1. Penelitian ini memperlihatkan bahwasanya metode Reward and Punishmet berbantuan “Pin Pandhawa” bisa meningkatkan karakter kedisplinan siswa. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan pada tiap siklusnya. Skor rata-rata karakter kedisiplinan pertindakan 82,72%(berkategori baik), siklus I sebesar 89,31%( berkategori baik) dan pada siklus II sebesar 96,18%(berkategori baik).

Keywords


Pendidikan Karakter; Kedisiplinan; Reward and Punisment

Full Text:

PDF

References


Narimo, S. (2020). Budaya Mengintegrasikan Karakter Religius Dalam Kegiatan Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 32(2), 13–27. https://doi.org/10.23917/varidika.v32i2.12866

Prasetiyo, H. E. (2015). Hubungan Persepsi Penerapan Metode TGT, Teknik Reward and Punishment dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Ngrejo Tulungagung. Konstruktivisme, 7(2).

Profesi Keguruan, J., & Nurani, dan P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. JPK 3 (2) (2017): 222-226 https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Rosdiana. (2018). “Meningkatkan Kedisiplinan Guru dalam Melaksanakan Tugas melalui Penerapan Reward di SD Negeri 050745 Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016/2017.” TABULARASA 15, no. 1. (95–110). https://doi.org/10.24114/jt.v15i1.10409

Rosyid, A., & Wahyuni, S. (2021). Metode Reward and Punishment sebagai Basis Peningkatan Kedisiplinan Siswa Madrasah Diniyyah. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(2), 137–157. https://doi.org/10.33367/ji.v11i2.1728

Siti Hadianti, L. (2017). PENGARUH PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA (Penelitian Deskriftif Analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan samarang Kabupaten Garut). www.journal.uniga.ac.id

Sugiyono.(2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Afabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.