Peningkatan keterapilan menulis karangan sederhana dengan menggunakan metode complete sentence peserta didik kelas v sdn bantengan 01

Dwiky Prakoso, Pinkan Amita Tri Prasasti, Endang Suprihatin

Abstract


Tujuan dari dilakukannya penelitian kali ini adalah untuk memberikan peningkatan pada para peserta didik kelas V SDN Bantengan 01 kabupaten madiun dalam keterampilan mereka akan menulis karangan sederhana yang menggunakan metode Complete Sentence serta memberikan penjelasan yang mendetail mengenai proses pembelajaran dengan metode Complete Sentence. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bantengan 01 yang berjumlah 15 peserta didik. Dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), adapun 3 siklus yang diterapkan dalam penelitian ini. Proses dalam memperoleh dan mengumpulkan data dijalankan melalui penggunaan teknik tes keterampilan menulis karangan sederhana menggunakan metode Complete Sentence dan observasi guna mendeskripsikan aktivitas antara pengajar dan peserta didiknya. 


Keywords


Keterampilan menulis; Complete sentence; karangan sederhana.

Full Text:

PDF

References


ASRI, I. S. (2022). The effectiveness of running dictation in teaching writing skills at the eight grade of mtsn luwu (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo).

Burhan, B., Hamdi, Z., & Wirasasih, B. I. (2021). Pengaruh metode complete sentence berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis siswa kelas iii sd. Jipd (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 90-95.

Hasmira, H. (2018). Meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana melalui penggunaan media gambar seri. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 47-56.

Mulia, D. S., & Suwarno, S. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan penulisan artikel ilmiah di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan, 9(2).

Nafi’ah, S,.Anisatun (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI.Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Nursalim, M. A. (2023). Penggunaan Metode Complete Sentence Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Berita Kelas VIII. Jurnal riset rumpun ilmu pendidikan, 2(1), 159-176.

Rahmasiwi, D. S., Dewi, C., & Prasasti, P. A. T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kemampuan Literasi Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 51-60.

Rustan, E. (2017). Learning creative writing model based on neurolinguistic programming. International Journal of Language Education and Culture Review, 3(2), 13-29.

Siddique, M., & Singh, M. K. S. (2016). Effectiveness of cooperative learning in enhancing students’ essay writing skills in Pakistani colleges. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 5(8), 68-70.

Sriyanto, S. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Dengan Menggunakan Metode Complete Sentence. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01).

Uzer, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Complete Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Pada SMP Negeri 13 Palembang. Jurnal Sitakara, 5(1), 60-70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.