Peningkatan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan diagram gambar

Elvi Marsiani, Restu Lusiana, Sulistyorini Sulistyorini

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menjabarkan pertumbuhan dari kecakapan mengenai pemahaman konsep matematis, kreatifitas menyampaikan ilmu oleh guru dalam mengelola pendidikan matematis, dan aktivitas belajar peserta didik dengan melibatkan suatu model Discovery Learning menggunakan diagram gambar. Sebanyak 19 siswa dari kelas 1 kelas 3 SD Negeri Dadi Kabupaten Magetan berpartisipasi dalam penelitian ini, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Observasi, eksperimen dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil dari pengamatan data penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan maka hasil yang diperoleh adalah pengamatan data berupa kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siklus I sebesar 35% dengan kriteria kurang dan 78% pada siklus II dengan kriteria baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas 3 SD Negeri Dadi 1 meningkat setelah penerapan model pembelajaran discovery diagram gambar.


Keywords


Konsep Matematis; Discovery Learning; Diagram Gambar

Full Text:

PDF

References


Alexie, S. (2019). The business of fancydancing: Stories and poems. Brooklyn, NY: Hang Loose Press.

American Psychiatric Association. (2019). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (4th ed.). Washington, DC: Author.

Booth-LaForce, C., & Kerns, K. A. (2014). Child-parent attachment relationships, peer relationships, and peer-group functioning. In K. H. Rubin, W. M. Bukowski, & B. Laursen (Eds.), Handbook of peer interactions, relationships, and groups (pp. 490-507). New York, NY: Guilford Press.

Keller, T. E., Cusick, G. R., & Courtney, M. E. (2015). Approaching the transition to adulthood: Distinctive profiles of adolescents aging out of the child welfare system. Social Services Review, 81, 453- 484.

Koo, D. J., Chitwoode, D. D., & Sanchez, J. (2018). Violent victimization and the routine activities/lifestyle of active drug users. Journal of Drug Issues, 38, 1105-1137. Retrieved from http://www2.criminology.fsu.edu/~jdi/

Senior, B., & Swailes, S. (2017). Inside management teams: Developing a teamwork survey instrument. British Journal of Management, 18, 138-153. doi:10.1111/j.1467- 8551.2006.00507.x

Shyyan, V., Thurlow, M., & Liu, K. (2015). Student perceptions of instructional strategies: Voices of English language learners with disabilities. Minneapolis, MN: National Center on Educational Outcomes, University of Minnesota. Retrieved from the ERIC database.(ED495903)

Williams, J. H. (2019). Employee engagement: Improving participation in safety.

Professional Safety, 53(12), 40-45.

Wolchik, S. A., West, S. G., Sandler, I. N., Tein, J.-Y., Coatsworth, D., Lengua, L.,...Griffin,

W. A. (2016). An experimental evaluation of theory-based mother and mother-child programs for children of divorce. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 68, 843-856.

Alfirdausi, abdul Hadi. 2011. pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kartu Kotif (Koin Positif Negatif) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. 14 (1): 178-180.

Angraeni, Darwis dan Gnadung Sugita. Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Volume Kubus dan Balok Menggunakan Alat Peraga di Kelas V SDN Pebatae Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadalako Online, 1 (1), ISSN 2354-614X.

Hazami dan Nida Jarmita. 2013. Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Perkalian. Jurnal Ilmiah Didaktika Februari 2013, 13 (2): 212- 222.

Hobri. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies.

Ilma, Ratu dkk. 2007. Pengembangan Materi Kesebangunan Dengan Pendekatan PMRI di SMP Negeri 5 Talang Ubi. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2): Juli 2007.

Lestari, Karunia Eka. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Masruroh, Intan dan Purwanto. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Kesebangunan Dengan Menggunakan Media Bongkar Pasang Bangun Datar di Sekolah Dasar. JPGSD 1 (2): 0-216.

Pujiati. 2004. Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SMP. Jogja: Depdiknas.

Rahayu, Setya. 2012. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education TerhadapPemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 5 (3). Juli 2012.

Rochmatika, Yuliana Oki. 2015. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Minat Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Widari, I Gusti Ayu Arista, dkk. 2013. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bangun Ruang pada Siswa Kelas IVA SDN 9 Sesetan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Santiaji Pendidikan, 3 (2): Juli 2013. ISSN 2087-9016.

Yuliyanti, Sri. 2007. Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Media Pendidikan Matematika. 1 (2): ISSN 2338-3836


Refbacks

  • There are currently no refbacks.