Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa pada Kurikulum Merdeka

Umi Nada Halim, Maya Kartika Sari, Dian Nur Antika Eky Hastuti

Abstract


Guru kurang dalam menerapkan media digital dalam pembelajaran, dikarenakan tidak dapat memanfaatkan teknologi dengan baik. Guru hanya menggunakan media cetak saja dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menghasilkan produk, diuji dan dapat digunakan untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran E-Modul berbasis Flipbook sehingga meningkatkan kemampuan literasi digital siswa Penelitian ini menggunakan penelitian penelitian pengembangan Borg and Gall. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif. Menggunakan instrumen pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan wawancara. Penelitian dan pengembangan ini dihasilkan berupa media pembelajaran E-Modul berbasis Flipbook dengan materi IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital siswa meningkat saat peneliti mengajarkan materi pembelajaran dengan menggunakan media e-modul berbasis flipbook. Berdasarkan ahli materi memperoleh hasil data sebesar 91,33% dengan kategori sangat baik, ahli media sebesar 86,66% dengan kategori sangat baik, dan ahli bahasa sebesar 80,50% dengan kategori sangat baik atau sangat layak untuk digunakan. Uji produk awal dilakukan dengan skala kecil yaitu oleh 7 siswa dengan hasil 88,56 yang termasuk kategori sangat baik. Dan uji pemakaian produk dilakukan skala besar yaitu oleh 29 siswa dengan hasil 94,68% yang termasuk kategori sangat baik.


Keywords


E-Modul Berbasis Flipbook; Literasi Digital; Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Chairunisa, E. D., & Zamhari, A. (2022). Pengembangan E-Modul Strategi Pembelajaran Sejarah dalam Upaya Peningkatan Literasi Digital Mahasiswa. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(1), 84-96.

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan karakter siswa melalui pemanfaatan literasi digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249-5257.

Ernawati, M. D. W., Sudarmin, S., Asrial, A., & Haryanto, H. (2023). The Effect of Scaffolding-Based Problem-Based Learning on Creative Thinking Skills on Hormone Materials. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(1), 129-141.

Heryadi, E. S., Nurasiah, I., & Amalia, A. R. (2022). Model Pembelajaran Discovery (Disel): Pengembangan Karakter Kedisiplinan Kurikulum Merdeka Belajar.

Inayati, U. (2022, August). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. In ICIE: International Conference on Islamic Education (Vol. 2, pp. 293-304

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Fatimah, A. Z., Fitriani, D., Laksita, E. C., & Ramanda, N. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1594-1602.

Krisnaningsih, E., Dwiyatno, S., Jubaedi, A. D., & Shafitri, A. (2023). Increasing Ethical Understanding of the Use of Information Technology Through Digital Literacy Proficiency Training. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 789-801.

Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Cindi, D. T. (2022). Dampak Literasi Digital Terhadap Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Kegiatan Belajar Mengaja9r. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 3, No. 1).

Lestari, A. K. (2021). Literasi Digital Sebagai Penangkal Infodemi Covid-19: Sebuah Literature Review. LIBRIA, 13(1). Pengertian literasi digital

Nata, I. K. W., & Putra, D. K. N. S. (2021). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 227-237.

Nizar, M. N., Utomo, D. H., Putra, A. K., & Soelistijo, D. (2022). Edu Geography.

NOVITA, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker Pada Pelajaran Fiqh Peserta Didik Kelas Iv (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (D. Sutopo. S. Pd, MT, Ir. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan media video berbasis powtoon pada mata pelajaran IPA di kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 269-279.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.