Implementasi Ekoliterasi di SDN Sukowinangun 02 Magetan

Alfina Fitria Rahmasari, Sri Lestari, Dewi Tryanasari

Abstract


Penelitian dilakukan dengan metode penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari program ekoliterasi di SDN Sukowinangun 02 Magetan. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan, kebijakan sekolah yaitu kepala sekolah dan guru merancang perencanaan melalui modul ajar untuk menjadi acuan dalam implementasi ekoliterasi. Sedangkan dalam pelaksanaannya masih terkendala dikarenakan jadwal yang belum efektif. Sedangkan dalam evaluasinya perlu adanya penjadwalan yang efektif agar kegiatan ekoliterasi dapat berjalan dengan baik. Kegiatan ekoliterasi ini sangat bermanfaat nantinya dalam kehidupan sehari-hari siswa, dan sangat penting perannya dalam di kehidupan sehari-hari seperti bijaksana dalam menghargai sesama dan lingkungan, menghargai alam, menjaga kelestarian alam sekitar dan ikut membangun keamanan dan kenyamanan lingkungan sekitar.  Berdasarkan hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa implementasi ekoliterasi berjalan dengan baik akan tetapi belum maksimal dikarenakan beberapa hambatan. Implementasi ekoliterasi ini juga berdampak positif bagi siswa.


Keywords


Ecoliteracy; Literasi; Gerakan Literasi Sekolah.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, P. R. (2019). Implementasi Kebijakan Literasi Sekolah Guna Peningkatan Karakter Gemar Membaca. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 1(2), 132–142. https://doi.org/10.52483/ijsed.v1i2.12

Chairunnisak. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 351–359.

Darmawan, D. (2019). Metode Penelitian (P. Latifah (ed.); 4th ed.). Remaja Rosdakarya

Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Analisis Ekoliterasi Siswa pada Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Hasrian Rudi Setiawan. (2021). Manajemen Kegiatan Evaluasi Pembelajaran. SiNTESa CERED Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora, 2021, 1.

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118

Karlina, W., Hartati, T., & Sopandi, W. (n.d.). Kesadaran Ekoliterasi Siswa SD dalam Sampah Pengelolaan. 891–899.

Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Penanaman Perilaku Hijau Siswa SD Berbasis Eco Literation di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1).

Lestari, M. R. D. W., & Septianingrum, T. D. (2019). Program gerakan literasi sekolah di sd dharma karya. HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 131–136.

Machromah, I. U., Mahendra, A., Dianingsih, F. R., Indriani, N., Agustina, D. R., Fatimah, S., Arifah, N. Z. M., Khusna, M. Al, Novianto, D., Nugroho, F. C., & Zainuddin, A. (2020). Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 100–104. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10796

Mariani, E., & Sulasmono, B. S. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusi di SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 205–216. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p205-216

Ngurah Suragangga, I. M. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195

Noviana, E., Kurniaman, O., Salwa, N., Hermita, N., Afendi, N., Zufriady, Z., Munjiatun, & Misliati, M. (2019). Ecological Knowledge of Elementary School Students Through the Use of Ecoliteracy Teaching Materials in Curriculum 2013. Journal of Physics: Conference Series, 1351(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1351/1/012071

Oktaviarini, N., & Wiratama, N. A. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Berbasis Paired Storytelling (Bercerita Berpasangan) pada Tema Lingkungan Kita SIswa Kelas V SDN Talun 03 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Conference.Unikama, 3(November), 149–157. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/77

Pujiati, D., Basyar, M. A. K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615

Ramadhan, A. F., & Surjanti, J. (2022). Pengaruh Ekoliterasi dan Pendekatan ESD terhadap Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(3), 129–134. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3840

richard oliver ( dalam Zeithml., dkk 2018 ). (2021). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Rosyid, N. U. (2019). Meningkatkan Eco-Literacy Anak Pesisir dalam Lingkungan Belajar Lewat Mangrove Storytelling. 3, 229–244.

Salma, A. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127.

Sekaringtyas, T., & Auliaty, Y. (2020). Pengaruh Kesadaran Ekoliterasi Terhadap Pemahaman Green Behaviour Pada Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020.

Setyaningrum, T. W., & Gunansyah, G. (2020). Praktik Pembelajaran Ekoliterasi Berorientasi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Sekolah Dasar Negeri Kota Surabaya Bagian Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 375–384. https://bit.ly/35jit2J

Siregar, M., Meilanie, S. M., & Purwanto, A. (2020). Pengenalan Ecoliteracy pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 719. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.700

Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439–444. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10184

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.

Suwandi, S. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Ekologis sebagai Upaya Mewujudkan Insan yang Melek Lingkungan. Riksa Bahasa XIII, November, 15–30.

Syariah, J. E. (2020). Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi dalam Ilmu Ekonomi Syariah.

Trianggoro, I. R. W., & Koeswanti, H. D. (2021). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah (Gelis) Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 355–362. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40629

Tryanasari, D., & Kartikasari, A. (2021). Program Ekoliterasi sebagai Upaya Meningkatkan Fokus Siswa Slow Learner di SDN 2 Sukowinangun Kabupaten Magetan. Jurnal PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 132–140. https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/57

Wulandani, B. A., & Jiwandono, I. S. (2022). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Volume September et Nomor Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ) di SDN 21 Ampenan. 3(September), 1837–1845.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.