Peranan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN 02 Manisrejo

Charisma Dianti, Dian Eky Nur Antika Hastuti

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui peranan pendidikan karakter terhadap pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Metode yang dugunakan penulis dalam artikel ini yaitu menggunakan penelitian kepustakaan atau studi literatur dari berbagai buku dan jurnal yang berhubungan dengan materi pada artikel ini. Studi kepustakan pada penelitian yang dijalankan oleh penulis dilakukan dengan melalui beberapa proses yaitu membaca, menyimpulkan, mengolah, dan mengolah data bersumber dari penelitian yang sudah dilakukan. Pembentukan karakter bangsa melalui pendidikan karakter berkaitan dengan pembelajaran IPS yang diterapkan di sekolah dasar. menjadi keharusan karena membentuk generasi muda yang berwatak intelektual dan berakhlak mulia, serta kehadirannya dalam kehidupan bermasyarakat menjadi bermakna dan berkarakter. IPS digunakan menjadi salah satu bidang dalam pendidikan dan juga pengetahuan yang tidak menyajikan aspek pengetahuan saja namun harus mampu membina peserta didik agar menjadi warga masyarakat serta negara yang nantinya memiliki rasa tanggung jawab pada masyarakat, bangsa maupun negara.

 


Keywords


Sekolah Dasar; Pendidikan Karakter; Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Full Text:

PDF

References


Afandi, R., & Sidoarjo, U. M. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ips di sekolah dasar. 1(1), 85–98.

Annisa, M. N., Wiliah, A., Rahmawati, N., & Tangerang, U. M. (n.d.). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. 2(April 2020), 35–48.

Galuh Nur Insani, DinieAnggraeni Dewi, Y. F. F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter

Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. 5, 8153–8160.

Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintangPentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Das. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439

Siska, Y., Yufiarti, Y., & Japar, M. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i1.1324

Wiliandani, A. M., Wiyono, B. B., & Sobri, A. Y. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di. 4(3), 132–142.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.