Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV Dengan Metode Cooperative Learning

Savira Agustin Rasendriya Putri, Ibadullah Malawi, Muchamat Faizal

Abstract


Penelitian ini memiliki ttujuan agar mampu meningkatkan hasil belajar IPAS materi aku dan kebutuhanku pada murid kelas IV. Penelitian dilaksanakan di SDN Kalangketi, Sukomoro, Magetan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan oleh peneliti dan guru kelas IV di SDN Kalangketi. Subjek penelitian pada artikel ini adalah murid kelas IV SDN Kalangketi yang terdiri dari 9 siswa dengan 5 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Penelitian tersebut memakai model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Apabila data telah terkumpul dan peneliti akan menganalisa secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kalangketi khususnya dalam materi aku dan kebutuhanku. Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kalangketi dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dalam mata pelajaran IPAS materi aku dan kebutuhanku yakni sebelum dilaksanakan tindakan rata-rata siswa adalah 67 setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 80 dan setelah dilakukan tindakan siklus II meningkat lagi menjadi 89.

Keywords


Aku dan Kebutuhanku; Hasil belajar; Pembelajaran kooperatif.

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang, Indonesia: UNISSULA Press.

Alfurqan, Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A. (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, 10(2), 213–222. https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i2.2579

Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1). https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Kumaravadivelu, B. (2006). Understanding language teaching: From method to postmethod. Mahwah, N.J: Lawrence Erlbaum Associates.

Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidikan dan Peserta Didik. TARBIYAH ISLAMIYAH, 5(1), 61–85. http://dx.doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1825

Riyatuljannah, T. (2018). Peran dan Fungsi Kepemimpinan Pendidikan dan Pengembangan Mutu SDM untuk Mewujudkan Sekolah Efektif. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.