Penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 5 pada materi volume kubus dan balok di SDN dukuh 1

Yuni Dwi Astuti, Purwandari Purwandari, Sariyem Sariyem

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi volume kubus dan balok di SDN Dukuh 1 Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Penelitian menggunaan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) meliputi empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refeleksi. Subyek penelitian kelas V SDN Dukuh 1 yang berjumlah 10 siswa, meliputi 8 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki. Instrumen menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Terdapat peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari prasiklus, siklus I, dan siklus II yaitu dengan nilai rata-rata klasikal 51 pada prasiklus, 69 pada siklus I, dan 87 pada siklus II. Sedangkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dari pra-siklus hingga siklus II dengan skor rata-rata dari tahap prasiklus 49,38% menjadi 60,63% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 76,25 pada siklus II. Bedasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V di SDN Dukuh 1 kecamatan Bendo Kabupaten Magetan tahun ajaran 2022/2023.


Keywords


Model pembelajaran discovery learning; Hasil belajar siswa; Berpikir kreatif; Matematika sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Aminah, M., Aminah, R., & Yahya, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 197-207.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Cahyaningtyas, D., Wardani, N. S., & Yudarasa, N. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Kerjasama Siswa melalui Penerapan Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 59-67.

Dewi, H. R. (2017, August). Peningkatan ketrampilan berfikir kreatif siswa melalui penerapan inkuiri terbimbing berbasis STEM. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika) (pp. 47-53).

Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 3(2), 463-471.

Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen penilaian berpikir kreatif pada pendidikan abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 58-64.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Mitra, Y., & Taufik, T. (2023). Penerapan Model Discovery learning (DL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Literatur). e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 173-186.

Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology, 3(1), 9-17.

Rahmi, A., & Vebrianto, R. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Model Pembelajaran Discovery Learning digunakan pada Kelas IV. Bedelau: Journal of Education and Learning, 3(1), 18-24.

Ristiana, E. (2023). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar ipa materi ekosistem. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1049-1058.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Setyorini, E. A., Ekowati, D. W., & Febriyanti, F. (2023). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan model project based learning mata pelajaran seni rupa melalui kolase mix media. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 665-674.

Siswono, T. Y. E. (2016, October). Berpikir kritis dan berpikir kreatif sebagai fokus pembelajaran matematika. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 5, No. 1, pp. 11-26)

Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD berkarakteristik budaya jambi menggunakan model Discovery Learning berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1249-1264

Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1)

Suryana, S. I., Sopandi, W., Sujana, A., & Pramswari, L. P. (2021). Creative thinking ability of elementary school students in science learning using the RADEC learning model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7, 225-232

Zulfikri, Z., Khatimah, H., & Irmayanti, I. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran matematika di UPT SD Negeri 379 Gresik. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.