Penerapan model pembelajaran PBL berbantuan bola ratusan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar

Niken Anjarsari, Restu Lusiana, Amirah Amirah, Sunarti Sunarti

Abstract


Alasan adanya penelitian ini karena kemampuan berpikir kritis siswa yang rendah karena kurangnya penerapan model pembelajaran yang bervariasi serta penggunaan media kongkret. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa melalui model PBL berbantuan bola ratusan. Tipe penelitian yang digunakan adalah PTK dengan mengambil sebanyak dua siklus. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Kalang dengan mengambil subjek kelas I dengan total 17 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Pengumpulan data yang digunakan yaitu Tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai adalah data kualitatif dan data kuantitatif.  Hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran PBL Berbantuan bola ratusan membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dasar. Hal tersebut terlihat pada hasil tes kemampuan berpikir kritis saat kegiatan pra siklus pada indicator mendefinisikan sebesar 35% dan menjawab permasalahan sebesar 29%. Hasil tersebut meningkat pada siklus I sebesar 65% untuk indicator mendefinisikan dan 59% untuk indicator menjawab pertanyaan. Pada siklus II meningkat sebesar 88% untuk indicator mendefifnisikan dan menjawab permasalahan.


Keywords


PBL; kemampuan berpikir kritis; nilai tempat

Full Text:

PDF

References


Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas.

Anwar, M., Septiani, L. R., & Khayatun, N. (2023, January). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Media Pembelajaran Matematika Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 4, No. 1, pp. 177-184).

Arfianty, D., Astawa, I. M. S., & Astini, B. N. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Berseri. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 80-84.

Ariandi, Y. (2017, February). Analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan aktivitas belajar pada model pembelajaran PBL. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 579-585).

Ermi, T. S. (2023). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas melalui Forum Diskusi Kelompok Kecil di Sekolah Dasar Binaan Kecamatan Payung Sekaki. Instructional Development Journal, 5(3), 217-224.

Hadi, F. R. (2021). Kesulitan belajar siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal hots matematika berdasarkan teori newman. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 43-56.

Halim, I. (2023). Meningkatkan Karakter Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulsel, 4(1), 39-48.

Haryani, D. (2011). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 14, No. 1, pp. 20-29).

Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239-249.

Humairoh, F. (2023). Mengoptimalkan Pembelajaran Melalui Diskusi Kelompok: Strategi dan Manfaatnya.

Narsa, I. K. (2021). Meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia pada materi menulis teks cerita fantasi melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Journal of Education Action Research, 5(2), 165-170.

Peter, F. (1990). Critical Thinking : A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction Executive Summary “ The Delphi Report .” 423(c), 0–19.

Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). Cendekia Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 09(02), 193–210.

Sapuan, S., Wahyuni, M., & Masrul, M. (2023). Analisis Ketrampilan Berbicara Dan Presentasi Siswa Sekolah Dasar Kelas VI Pada Pembelajaran Tematik. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4129-4140.

Simatupang, W. P. S., & Ritonga, F. U. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di UPT SDN 067952. Mitra Abdimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 9-12.

Sukani, H. K., & Asran, M. (2015). Penggunaan Media Konkret dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4, 1-10.

Yusita, N. K. P., Rati, N. W., & Pajarastuti, D. P. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 174-182.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.