Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Literasi Sains IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Novia Cahyani Putri, Sri Budyartati, Lingga Nico Pradana

Abstract


Model Problem Based Learning adalah salah satu yang dibangun di atas beberapa masalah yang memerlukan penyelidikan yang sungguh-sungguh, atau pertanyaan yang menuntut solusi nyata atas masalah yang muncul dalam kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan model Problem Based Learning untuk literasi sains pada siswa kelas IV SDN 01 Winongo. Peserta penelitian adalah siswa SDN 01 Winongo kelas IV B. Desain pretest dan posttest digunakan dalam metode penelitian kuantitatif jenis ini, dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Maksimal 20 siswa dari satu kelas, Kelas IV B, digunakan sebagai sampel untuk penelitian ini. Hal ini terbukti dari analisis data bahwa ada peningkatan literasi sains setelah menggunakan model Problem Based Learning. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kelas IV SDN 01 Winongo memang menerapkan model Problem Based Learning ditinjau dari literasi sains.


Keywords


Efektif; Literasi Sains; Problem Based Learning.

Full Text:

PDF

References


Adiwiguna, P. S., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berorientasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugus I Gusti Ketut Pudja. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 94–103

Asyhari, A., & Clara, G. P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Levels of Inquiry Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 87-101.

Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 102-113.

Amaringga, N. G., Amin, M., & Irawati, M. H. (2021). The effect of problem-based learning module containing research result to improve students’ scientific literacy. AIP Conference Proceedings, 2330(March). https://doi.org/10.1063/5.0043529

Argusni, R., & Sylvia, I. (2019). Implementasi pelaksanaan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa kelas XI IIS SMAN 16 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 52-59.

Hartati, R. (2016). Peningkatan aspek sikap literasi sains siswa SMP melalui penerapan model problem based learning pada pembelajaran IPA terpadu. Edusains, 8(1), 90-97.

Juleha, S., Nugraha, I., & Feranie, S. (2019). The Effect of Project in Problem-Based Learning on Students’ Scientific and Information Literacy in Learning Human Excretory System. Journal of Science Learning, 2(2), 33–41.

Juriah, & Zulfiani. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Perubahan Lingkungan dan Upaya Pelestarian. EDUSAINS, 11(1), 1–11.

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran literasi sains melalui pemanfaatan lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183-191.

Kulsum, Nanden NS (2020) Maryani. 2015. Efektivitas Pendekatan Scientific Dengan Metode Problem Based Learning dan Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Rasional Dalam Pembelajaran IPS. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kurniawati, K., & Hidayah, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Blended Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 184-191

Putri, A., Suciati, & Ramli, M. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Potensi Lokal pada Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA N 1 Cepogo. BIO-PEDAGOGI, 3 (2)(2009), 81–94. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v3i2.5344.

Supratman, S., Noviat, W., & Hidayanti, N. (2023). Efektivitas E-Modul Berbasis Problem Based Learning terhadap literasi Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 623-631. https://doi.org/10.5281/zenodo.7635614

Supriwardi, L., Zulyusri, Z., & Lufri, L. (2021). Meta-Analisis: Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(2), 120-128.

Syofyan, H., & Amir, T. L. (2019). Penerapan literasi sains dalam pembelajaran IPA untuk calon guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 35-43.

Situmorang, R. P. (2016). Integrasi literasi sains peserta didik dalam pembelajaran sains. Satya Widya, 32(1), 49-56. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i1.p49-56

Wicaksono, R. S., Susilo, H., & Sueb. (2019). Implementation of Problem Based Learning Combined with Think Pair Share in Enhancing Students’ Scientific Literacy and Communication Skill through Teaching Biology in English Course Peerteaching. Journal of Physics: Conference Series, 1227(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1227/1/012005

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592


Refbacks

  • There are currently no refbacks.