Penerapan Media Wayang Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas VI SDN Napis 2 Bojonegoro

Erika Puji Duwi Setiyani, Fida Chasanatun, Dewi Tryanasari

Abstract


Keterampilan proses sains adalah keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Namun keterampilan proses sains siswa belum terlalu diperhatikan oleh guru. Keterampilan proses sains siswa harusnya dilatih dengan merancang percobaan praktik bukan disuguhi dengan teori-teori. Perlu adanya sistem inovasi dalam proses pembelajaran IPA siswa yang mana guru harus lebih kreatif dalam menyesuaikan pemilihan media serta metode pembelajaran. Salah satu media tersebut adalah media wayang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan media wayang serta hasil keterampilan proses sains dengan menggunakan media wayang siswa Kelas VI SDN Napis 2 Bojonegoro dengan siswa 28. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara serta dokumentasi. Penilaian hasil keterampilan proses sains menggunakan lembar observasi saat pembelajaran berlangsung. Rata-rata dari hasil keterampilan proses sains meningkat dari prasiklus hingga berhenti pada siklus II. Yang mana pada siklus I siswa mengalami peningkatan sebesar 55% dan meningkat di siklus II 95%  dimana meningkat 40%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media wayang dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VI SDN Napis 2 Bojonegoro.


Keywords


Media Wayang; Keterampilan Proses; Sains

Full Text:

PDF

References


Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran,. Jurnal Pendidikan Islam, 7((2)), 171–182.

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Parasdila, H., & Irdianti, I. (2018). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Materi Termodinamika. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 345. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5290

Deprianti, D., Wigati, I., & ... (2022). Pengaruh Media Wayang Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Raudahtul Athfal Plus Fatahul Wardah Palembang. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah …, 1(5), 1065–1074.

Huriawati, F., Yusro, A. C., & Fisika, P. (2017). Pengembangan Odd " Osilator Digital Detector " Sebagai. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4, 1–9. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/4257

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran.

Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. A. (2020). Mengembangkan media pembelajaran wayang karakter pada pembelajaran. 1(4).

Mulyono, S. (1989). wayang asal usul, filsafat dan masa depannya (Vol. 0). CV Haji Masagung (eks penerbit PT Gunung Agung, PT Inti Idayu Press, dan Penerbit Yayasan Masagung.

Nuryani, R. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. UM Press.

Rahayu, A. H., & Angg. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 5(2), 22–33. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753


Refbacks

  • There are currently no refbacks.