Peran Media Papan Penarikan Akar Pangkat Tiga (PAPA ANGGA) Akan Keterampilan Berlatih Matematika Murid di SDN Ngegong
Abstract
Pengamatan ini merupakan pengamatan kuantitatif dengan model kontrol pre-test serta post-test non-equivalent. Dasar berdasarkan komentar tersebut ialah murid kelas 5 merasa pilih-pilih serta kurang memahami materi akar pangkat dua, selain itu tenaga pengajar yang mengpakai media kurang kreatif serta kecakapan menyiapkan media pemberlatihan masih terbatas. Maksud observasi ini ialah tuk mengetahui pengaruh keterampilan matematika murid kelas V SDN Ngegong, murid yang diberlatihkan mengpakai papan gambar akar kuadrat, serta murid yang mendapat pendidikan umum dalam pemakaian teknik pendekatan. Dalam observasi ini, teknik penghimpunan bahan yang dipakai ialah penulisan serta dokumentasi, sementara itu teknik analisis bahan ialah teknik mendeskripsikan serta menguji hipotesis terdahulu. Hasil observasi menyatakan jika nilai tes murid pada kelas tes serta kontrol ialah (3,10 ≥ 2,01), yaitu (H2) diterima serta (H0) ditolak. Dengan demikian, penulis menyimpulkan jika terdapat pengaruh pemakaian tabel perkalian terhadap hasil berlatih matematika murid kelas V di sekolah SDN Ngegong.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Heruman. (2014). Model pembelajaran Matematika di Sekolahl Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Jumri, R., & Murdiana, M. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dengan Resource Based Learning. Aksioma, 11(1), 1–7.
https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i1.19 01
Lesari, E.K., & Tudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandug: PT.Refikal Aditama
Muhlisrarini, & Ali, H. (2012). Perencanaan dan strategi pembelajaran matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Murdiana, M., Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 152–160.
https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11450
Nunuk, S., & Leo, A. (2014) .Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Riyanto,Y. (1996).Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Ronald, A. (1987). Pemilihan dan pengembangan media untuk pembelajaran. Jakarta: Rajawali
Rostina, S. (2018). Media dan Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Depdikbud
Utami, U.B., Purnamasari, V.,& Supandi, S. (2017). Keefektifan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II di SD Negeri 4 Sidodadi. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar),7(1)
Refbacks
- There are currently no refbacks.