Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar melalui Media Flipbook

Septyana Dwi Kusuma Wardani, Candra Dewi, Naniek Kusumawati

Abstract


Pendidikan karakter adalah suatu program penanaman nilai-nilai budi pekerti pada peserta didik yang menggabungkan bagian-bagian pengetahuan, perhatian atau kehendak dan kegiatan untuk menyempurnakan sifat-sifat tersebut baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, orang lain, iklim dan suku bangsa sehingga menjadi manusia yang luar biasa. Nilai-nilai budi pekerti tersebut dapat terapkan dengan memanfaatkan media pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara melaksanakan penguatan pendidikan karakter yang dilaksanakan di SDN Mangunrejo Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui cara melaksanakan penguatan pendidikan karakter. Sumber data dari penelitian ini yaitu guru, siswa dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian ini diuji dengan menggunakan triangulasi data dan informan. Teknik analisis dapat dilakukan melalui pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa cara melaksanakan penguatan pendidikan karakter melalui media flipbook mampu menguatkan pendidikan karakter pada siswa Sekolah Dasar.

Keywords


Pendidikan Karakter; Media Flipbook; Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Abidin, R. F., Pitoewas, B. & Adha, M. M.(2015). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi,3(1).

Aeni. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam Mimbar Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar UPI Kampus Sumedang, 1 (1): 50-58.

Amanullah, M. A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DIGITAL GUNA MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index

Henry, *, Saputra, J., & Musafanah, Q. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA KORAN MELALUI FLIPBOOK BERUPA E-BOOK PADA MATERI IPA. In Elementary School (Vol. 4). www.kemdikbud.go.id

Mahardika, I. K., Subiki, S., Anggraeni, N. P., Juanda, D. H., Ubaidillah, M. J., & Amelia, N. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5239–5247. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3199

Masruroh, M., Pambudi, M. R., Aris, A. P., Ninasafitri, N., & Permana, A. P. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sd Melalui Kearifan Lokal. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 52–57. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v1i2.15450

Manullang. (2013). Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, III (I): 1-14

Moleong, J. L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Remaja Rosda Karya.

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Implementasi Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter. Prosiding Seminar Nasional …, 500–505. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/879

Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2819–2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012

Trisiana, A., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (n.d.). PENGUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI DIGITALISASI MEDIA PEMBELAJARAN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.