Penggunaan modul P5 tema gaya hidup berkelanjutan untuk siswa kelas IV sdn ngariboyo 3 magetan

Widiya Retno Wahyuni, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta, Fida Rahmantika Hadi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi kebutuhan pembelajaran di luar kelas, utamanya ditingkatan sekolah dasar. Yang kedua mulai merambahnya kegiatan kukulikuler pada awal penerapan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi literatur, dengan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan penggunaan modul P5 tema gaya hidup berkelanjutan siswa kelas IV di SDN Ngariboyo 3 Magetan. Modul ajar ini membahas mengenai modul ajar P5 dengan Tema gaya hidup berkelanjutan dengan isi konten fase-fase pada tema gaya hidup berkelanjutan dan penggunaanya pada fase b kelas 4 di SDN Ngariboyo 3.  Modul P5 gaya hidup berkelanjutan yang berisi kegiatan projek diluar kelas serta penilaian yang mengarah pada ranah afektif siswa. Modul ini diterapkan pada kelas 4 SD dengan proses pembelajaran observasi, studi kasus dan debat dengan bahasan gaya hidup berkelanjutan, serta berfokus pada pengurangan sampah plastik dilingkungan sekolah.


Keywords


Modul ajar, gaya hidup berkelanjutan, projek diluar kelas

Full Text:

PDF

References


Aspers, P., & Corte, U. (2019). What is Qualitative in Qualitative Research. Qualitative Sociology, 42(2),139–160. https://doi.org/10.1007/s11133-019-9413-7

Apriani, M., Hadi, W., & Masduqi, A. (2018). A new concept for marine environmental sustainability through recovery of magnesium carbonate from traditional salt production wastewater. Sustinere: Journal of Environment and Sustainability, 2(2), 93–99. doi:10.22515/sustinere.jes.v2i2.38

Erva, R. A. L. ;Ahniasari R. F. N. I. (2022). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa, 11(2), 491–499. doi:http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8676

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56

Hamdi, H., Halim, A., & Pontas, K. (2015). Pengembangan Dan Penerapan Modul Pembelajaran Materi Teori Dasar Bentuk Muka Bumi Untuk Meningkatkan Kognitif Mahasiswa Pendidikan Mipa Fkip Unigha Sigli. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 22–34. Retrieved from https://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Magdalena, I., Ramadanti, F., & Az-Zahra, R. (2021). Analisis Bahan Ajar Dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar di SDN Karawaci. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(3), 434–449. doi:https://doi.org/10.36088/edisi.v3i3.1444

Nurhayati, N., Erni, S., & Suriani, S. (2016). Sustainable Life Style Masyarakat Perkotaan (Studi Tentang Gaya Hidup Berkelanjutan Masyarakat Perkotaan di Riau). Sorot, 11(2), 75. doi:10.31258/sorot.11.2.3885

Saraswati, M. I. N. P., & Anityasari, M. (2012). Analisis Gaya Hidup Berkelanjutan Surabaya dan Upaya Perbaikannya. Jurnal Teknik ITS, 1(1), 561–566. doi:https://dx.doi.org/10.31258/sorot.11.2.75-86


Refbacks

  • There are currently no refbacks.