Efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis kelas V

Ilmi Aliya Firdausy, Sri Lestari, Candra Dewi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran inkuiri mempengaruhi kemampuan berpikir kritis anak sekolah dasar kelas V. Desain posttest only control groub design  digunakan sebagai metode penelitian dalam penelitian kuantitatif ini. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Winongo Kota Madiun dikelas V mulai tanggal 22 sampai 29 Mei 2023. Dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa dan populasi sebanyak 60 siswa. Total sampling adalah teknik yang digunakan dalam pengumpulan sampel. Berdasarkan analisis hasil posttest diperoleh nilai rata-rata 88,65 pada kelas eksperimen dan nilai rata-rata 87,05 pada kelas kontrol. Pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis anak kelas V SD dianalisis dengan menggunakan pendekatan korelasional, diperoleh hasil nilai korelasi sebesar = 0,873 dengan = 0,433. Sehingga dapat dikatakan sangat signifikan. Uji t digunakan untuk melakukan uji hipotesis, dan hasilnya menunjukkan bahwa  = 4,761 sedangkan = 1,672 taraf signifikan 5%. Hal ini membuktikkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis.


Keywords


Model pembelajaran inkuiri, keterampilan berpikir kritis, kelas v

Full Text:

PDF

References


Astawayasa, K. G., Widana, I. W., & Rasmen Adi, I. N. (2022). Pengembangan asesment HOTS mata pelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 129-141. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.660

Jensen, Eric. (2011). Pemelajaran Berbasis Otak: Paradigma Pengajaran Baru. Jakarta: Indeks

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. AR-RUZZ. Yogyakarta: MEDIA.

Kodir. A. (2010) . Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Maryam, M., Kusmiyati, K., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 206-213.

Masitoh, I. D. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas x mia pada materi pencemaran lingkungan di surakarta.

Muanisah. 2010. Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Terbuka (Open Ended) di Kelas VII SMP Sunan Ampel Menganti Gresik. tidak dipublikasikan ( IAIN Sunan Ampel Surabaya)

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Rahmadhani, Y., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Inkuiri terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2693-2699.

Santrock, John W. (2011). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Widana, I. W., Sopandi, A. T., Suwardika, I. G. (2021). Development of an authentic assessment model in mathematics learning: A science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. Indonesian Research Journal in Education, 5(1), 192-209. https://doi.org/10.22437/irje.v5i1.12992


Refbacks

  • There are currently no refbacks.