Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca siswa kelas V MIN 2 Kota Madiun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 2 Kota Madiun yang berjumlah 185 siswa yang terdiri dari kelas VA sampai dengan VE, dan sampel yang digunakan sebanyak 74 siswa yang terdiri dari kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji keseimbangan, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil dari uji hipotesis diperoleh nilai Thitung 5,708 > Ttabel 1,666, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar terhadap kemampuan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V MIN 2 Kota Madiun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2012). Pelmbellajaran Melmbaca Belrbasis Pelndidikan Karaktelr (N. F. Atif (eld.)). PT Relfika Aditama.
Ali, M. (2020). Pelmbellajaran Bahasa Indonelsia Dan Sastra (Basastra) Di Selkolah Dasar. PElRNIK : Julrnal Pelndidikan Anak Ulsia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pelrnik.v3i2.4839
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Elfelktivitas Modell Pelmbellajaran Tipel Groulp Invelstigation (Gi) Dan Coopelrativel Intelgrateld Relading and Composition (Circ) Dalam Melningkatkan Krelativitas Belrpikir Kritis Dan Hasil Bellajar Ips Siswa Kellas 4. Scholaria : Julrnal Pelndidikan Dan Kelbuldayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
Damayanti, El., Gulnawan, A., Farhulrohman, O., Melmbaca, K., & Siswa, I. (2019). Pelngarulh Pelnelrapan Modell Pelmbellajaran Coopelrativel Intelgrateld Relading and Composition (CIRC) Telrhadap Kelmampulan Melmbaca Intelnsif Siswa. Ibtida’i: Julrnal Kelpelndidikan Dasar, 6(1), 63–78. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2491
Mansyulr, Ul. (2018). Pelmbellajaran Inovatif Bahasa Indonelsia Di Selkolah Dasar. Julrnal Fakulltas Sastra: Ulnivelrsitas Mulslim Indonelsia, 6(1), 2. acadelmia.eldul
Niak, Y., Matahelrul, W., & Ngilawayan, D. A. (2018). Pelrbeldaan Hasil Bellajar Siswa Pada Modell Pelmbellajaran Koopelratif Tipel Circ Dan Modell Pelmbellajaran Konvelnsional. Joulrnal of Honai Math, 1(2), 67. https://doi.org/10.30862/jhm.v1i2.1040
Ningrulm, A. S., Salminawati, S., & Rambel, R. N. (2020). Pelngarulh Modell Pelmbellajaran CIRC (Coopelrativel Intelgrateld Relading and Composition) Telrhadap Hasil Bellajar Siswa Pada Mata Pellajaran Bahasa Indonelsia di Kellas IV MIN 4 Meldan. Julrnal Nizhamiyah, 10(2), 31–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/niz.v10i1.731
Sulastika, N. S. (2019). Problelmatika Pelmbellajaran Melmbaca Dan Melnullis Pelrmullaan Di Selkolah Dasar. Adi Widya: Julrnal Pelndidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905
Taulfik, T., Elrwin, El., & Khatimah, H. (2020). Modell Pelmbellajaran CIRC pada Mata Kulliah Aprelsiasi Sastra “Mantra Mbojo” ulntulk Melningkatkan Krelativitas Mahasiswa. Ainara Joulrnal (Julrnal Pelnellitian Dan PKM Bidang Ilmul Pelndidikan), 1(2), 62–70. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i2.15
Witanto, J. (2018). Relndahnya Minat Baca Mata Kulliah Manajelmeln Kulrikullulm. Julrnal Pelrpulstakaan Librarian. https://www.relselarchgatel.nelt/pulblication/324182095
Refbacks
- There are currently no refbacks.